Minggu, 24 Juli 2011

Pesona Wisata dan Kerajinan Magetan 2011

Pesona Wisata dan Kerajinan Magetan 2011

  Hai teman, namaku Stanley Wijaya.
Aku sekarang kelas 10 di SMA Negeri 1 Magetan.
SMA Negeri 1 Magetan ini adalah sekolah yang bagus loo..
bebas “SARA” dan pastinya bebas “Pornografi”.
Nahh, sekarang mendekati HUT SMA Negeri 1 Magetan ke-50.
Diadakanlah Kontes SEO
Di sini, saya akan mencoba menceritakan kepada teman-teman jikalau teman-teman bingung untuk mencari tempat wisata di saat hari libur telah tiba.

“Kota Magetan, Berjuta Wisata”

  Di atas ini adalah peta untuk menuju kabupaten Magetan.
Kabupaten Magetan berada di Provinsi Jawa Timur.
Kabupaten ini berbatasan dengan :
Kabupaten Ngawi di utara,
Kota Madiun dan Kabupaten Madiun di timur,
Kabupaten Ponorogo, serta Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Wonogiri (keduanya termasuk provinsi Jawa Tengah).

Magetan adalah sebuah Kabupaten yang terletak di sebelah timurnya atau tepatnya dibawah kaki Gunung Lawu, selain itu Kabupaten Magetan juga dikenal sebagai Kota M.I.T.R.A yang artinya Magetan Indah, Tertib, Rapi, dan Apik. Magetan juga memiliki hawa sejuk,bersih,  tenang, jauh dari hiruk pikuknya pabrik /industri, maka sangat tepat Magetan sebagai Kota Wisata bahkan Turis Manca Negarapun sudah tidak asing dengan Sarangan.


Mari saya perkenalkan tempat-tempat wisata yang ada di Magetan :

·       Telaga Sarangan
    Telaga Sarangan Magetan sudah sangat terkenal sebagai salah satu tempat wisata favorit keluarga di Jawa Timur. Letaknya di pertengahan jalan antara kota Madiun (Jawa timur) dan Solo (Jawa Tengah). Karena berada di lereng Gunung Lawu, telaga yang luasnya 30 Ha dan ketinggian 1000 m diatas permukaan air laut ini mempunyai air yang dingin dan suhu udara sangat sejuk sekitar 18-25 derajat Celsius (pada malam hari bisa terasa sangat dingin).
          Jika akan mampir ke Telaga Sarangan sempatkan pula berkunjung di bulan Muharram atau biasa dikenal dengan suro. Ada juga ketika musim liburan sekolah, karena biasanya dimanfaatkan Dinas Pariwisata, Kebudayaan dan Olahraga (Disparbudpora) Magetan untuk menggenjot kunjungan wisatawan salah satu wisata andalannya yaitu Telaga Sarangan. Selama satu minggu,beragam acara menarik digelar di objek wisata ikon Magetan ini. Bahkan special dijadikan hari visit to Magetan.

Puncaknya, di Sarangan akan digelar labuh sesaji atau bersih desa pada hari puncak tersebut. Kegiatan rutin tahunan ini bertujuan untuk mampu menyedot jumlah wisatawan lokal, baik dari eks-Karesidenan Madiun, maupun dari wilayah Jawa Tengah. Bahkan Bapak Susilo Bambang Yudhoyono (Presiden Republik Indonesia) pernah mengikuti kegiatan Labuh sesaji tersebut lhoo..
 Karena berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, setiap labuh sesaji pasti ramai. Bahkan, cenderung membeludak pengunjungnya. Larung sesaji adalah sebuah ritual yang dilakukan sebagai tanda syukur kepada tuhan yang maha esa atas rejeki dan segala anugrahNya. Dengan menggunakan pakaian adat kejawen, maka disiapkanlah sesaji, mulai dari makanan khas, hasil bumi, dan makanan khusus seperti panggang, tumpeng, apem, putu, dan lain sebagainya.


Fasilitas yang ada di Telaga Sarangan :
1.    Motor Boat / Perahu Dayung / Bebek Boat


 



   


 2. Mancing ikan di telaga 
 3.    Berkuda sepanjang tepian telaga Pasir 
4.    Sate Kelinci dan Sate Ayam
5.    Camping Ground
6.    Taman Bermain untuk anak-anak
7.    Pasar & PKL
8.    Restoran
9.    Hotel yang dilengkapi “Tempat Rapat / Seminar”
10.    Pos Polisi

·       Air Terjun Tirtosari
    Jika teman-teman sudah mengunjungi Telaga Sarangan, tidak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi Air Terjun Tirtosari. Tempat wisata ini jarak tempuhnya 1,5 Km, dari Telaga Sarangan. Sedangkan dari transportasi, kita dapat jalan kaki atau memanfaatkan transportasi khas Sarangan yaitu dengan naik kuda.

    •      Kerajinan Gamelan patihan karangrejo
    •      Telaga Wahyu
    •       Candi Sadon
    •      Candi Simbatan
    •      Puncak Lawu
    •      Air Terjun Pundak Kiwo
    •      Sentra Perkebunan Pamelo
    •      Sentra Kerajinan Anyaman Bambu Ringin Agung
    •     Sentra Ayam Panggang Gandu
    •     Sentra Industi Batik Sidomukti
    •     Argo Dumilah
    •    Taman Ria Maospati
    •    Taman Makam Pahlawan                                                             Ini adalah taman makam pahlawan yang disetiap hari pahlawan banyak dikunjungi warga maupun pelajar.
    •     Pemandian Dewi Sri
    •     Gerbang Kadipaten Purwodadi
    •     Cemorosewu
    •     Mojosemi Camping Ground
    Tempat Pemerintahan daerah :
    ·      Gedung DPRD
              Gedung DPRD Magetan berada di depan Taman Ria Manunggal, di dekat GOR Ki Mageti, ataupun di dekat pos polisi J

    ·       Pendopo Surya Graha
    Bangunan ini adalah tempat pertemuan resmi. Biasanya bangunan ini di jaga oleh SATPOL PP.


    Fasilitas Olahraga di Magetan :

    ·       Alun-alun Magetan
    Alun-alun kota Magetan yang tidak pernah sepi dikunjungi warga yang mungkin hanya sekedar jogging. Alun-alun ini juga menjadi pusat olahraga outdoor.
    ·      Gelanggang Olah Raga (GOR) Ki Mageti
    \GOR Ki Mageti dapat menampung kurang lebih sepuluh ribu orang, wahh.. manteb to.. oh iya GOR ini juga merupakan GOR terbesar di jawa timur. Sudah banyak even-even olah raga yang telah diadakan di GOR nan mewah ini, mulai dari tingkat daerah sampai tingkat nasional. Contohnya adalah kejuaraan Volley Nasional dah Provinsi yang sudah dua kali pernah diadakan di GOR ini. dan even-even tingkat daerah yang sudah tak terhitung banyaknya. Eh..jika tidak salah juga pernah di pake buat resepsi pernikahan lho.. ~_~
    Tambahan: Ruangan-ruangan di GOR Ki Mageti juga di jadikan sebagai Studio Radio RRI Magetan indah dan Fitnes Centre.


    Wahh...
    rasanya lelah yaa..
    jikalau kita lelah, biasanya lebih enak jika kita berenang.
    Nahh, di Magetan ada 2 alternatif kolam renang untuk menghilangkan rasa lelah kita..

    ·      Manunggal

        Tempat yang satu ini berada di dekat Gelanggang Olah Raga (GOR) Ki Mageti ataupun di depan gedung DPRD Magetan.
    Di depan Manunggal, terdapat rumah makan “Tirta Rasa” yang terkenal olahan ikan bakarnya
    J



    ·       Banyu Biru
    Satu lagi tempat pariwisata yang bisa dikunjungi selain Telaga Sarangan yang memang sudah terkenal yaitu kolam renang BANYU BIRU yang berlokasi didaerah Sukomoro, Magetan.
    BANYU BIRU mempunyai fasilitas yang cukup lengkap, dari tempat pertemuan, pemancingan, arena bermain anak, gedung pemutaran film yang baru saja dibuka, tempat olah raga (bulu tangkis dan tenis meja) dan lainya.



    Kolam Renang BANYU BIRU bisa menjadi pilihan bagi keluarga anda untuk mengisi masa liburan atau sekedar olah raga dan refreshing.

       Jika kita telah mengunjungi semua tempat yang menarik yang ada di Kota Magetan, dan kita hendak meninggalkan Kota Wisata ini alangkah baiknya mengunjungi pusat perbelanjaan dan pusat oleh-oleh khas Kota Magetan J ...
    ·       Pasar Baru
    Pasar Baru yang menjadi pusat perdagangan di Magetan. 

    Sentra Industri Kerajinan Kulit
    Selain terkenal dengan udaranya yang sejuk dan daerah pegunungan yang indah, Kota Magetan memang juga terkenal dengan kerajinan kulit khas kota Magetannya. Produk-produknya seperti sandal, sepatu, jaket, tas, sabuk dll sudah sangat terkenal kota-kota lainnya. Terdapat perkampungan kerajinan kulit tepatnya berlokasi di daerah selosari. Salah satu toko yang ada salah satunya adalah toko favorit. Yang juga menjual hasil-hasil kerajinan juga sebagai tempat pembuatannya. Berikut adalah beberapa macam hasil kerajinan dari toko favorit. Bagi anda yang tertarik dengan kerajinan kulit asli magetan ini silahkan datang di perkampungan kerajinan kulit selosari. Toko Favorit sudah sejak lama sebagai pengrajin kulit di perkampungan selosari. Hasil kerajinannya juga sudah di kirim di berbagai kota di Indonesia. Karena kualitas kulit aslinya sungguh sangat terjamin, dengan harya yang terjangkau, kemarin saja saya beli sandal ditokonya harganya kurang lebih 30ribu. Jika anda membeli ke pengrajin tentu harganya akan lebih murah.
    Selain bisa ditemui di sekitar kota maupun di pusat perajinnya, kerajinan kulit ini juga bisa ditemui di sentra oleh-oleh khas Kota Magetan di Jl. sawo. daerah dekat dengan alon-alon dan jalan menuju ke wisata telaga Sarangan. jadi sungguh sangat menyesal jika anda berkunjung ke Magetan dan tidak mampir ke pusat oleh-oleh ini. Kulit di Magetan tidak hanya di gunakan untuk kerajinan seperti tersebut diatas, tetapi juga untuk pewayangan. Seperti yang di tekuni oleh pak no kulit (title kulitnya melekat karena usaha kulitnya yang berkembang pesat). Beliau adalah salah satu pengrajin kulit, sebagian besarnya digunakan untuk membuat wayang kulit yang menjadi salah satu tontonan menarik di kota Magetan ini.
    Kerajinan kulit ini adalah ikon kota magetan, jaadi kalau anda mampir ke Kota Magetan jangan sampai terlupa untuk membawa oleh-oleh kerajinan kulit karena harganya juga lebih murah dibanding dengan tempat lain.


    ·       Jajanan Khas Candirejo
              Daerah Candirejo terkenal dengan hasil anyaman bambunya dan jajanan “jenang Candi”.



    By        : Stanley Wijaya
    School : SMA Negeri 1 Magetan
    Class    : X2



    “Selamat Ulang Tahun SMA Negeri 1 Magetan yang ke-50,
    semoga semakin BERJAYA !!!”


    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar