Selasa, 14 April 2015

Asiknya Hello Ormawa HMSI ITS

  Hai teman-taman, masih bersama Stanley Wijaya dalam websitenya yaitu www.faktakita.com yang akan selalu menemani kalian di waktu dan kesempatan yang ada. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang kegiatan dari Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi bagi Mahasiswa SI ITS Angkatan 2014 yaitu Hello Ormawa. Ingin tahu? Check this out ya...

  Hello Ormawa adalah agenda yang diadakan oleh HMSI untuk mahasiswa jurusan Sistem Informasi ITS Angkatan 2014. Hari pertama kemarin, terdapat pemaparan dari beberapa ormawa ITS yaitu dari Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi ITS yang disampaikan oleh Muhammad Luqman Hakim. Selain itu, pemaparan dilakukan juga oleh Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) ITS, dan KISI yaitu Kajian Islam Sistem Informasi. Hari kedua Hello Ormawa terlihat berbeda dengan hari pertama karena adanya pemaparan materi dari BEM ITS, BEM Fakultas Teknologi Informasi, Mahkamah Mahasiswa, dan LMB ITS.

  Sesi pertama pada Hello Ormawa Day 2 dibuka oleh pemaparan dari Ketua BEM FTIf ITS yaitu Anggeriko Aryasena. Pada kesempatan kali ini, ketua BEM FTIf memaparkan tentang sejarah BEM FTIf dan menjelaskan mengenai ke 6 departemen dari BEM Fakultas Teknologi Informasi beserta Badan Koordinasi Pemandu. Selain itu, Anggeriko Aryasena menunjukkan bahwa BEM FTIf pernah melakukan studi ke 3 universitas lainnya yaitu Universitas Gajah Mada, Universitas Indonesia, dan Institut Pertanian Bogor.

Gambar 1. Anggeriko Aryasena (Ketua BEM FTIf)

  Pada sesi kedua, pemaparan dilakukan oleh BEM Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Mas Rahman Cahyadiputra selaku Menteri Komunikasi Internal Kampus memaparkan mengenai alur aspirasi dari BEM ITS. Lingkup dari BEM ITS dipastikan lebih luas dari BEM Fakultas. BEM ITS mempunyai ranah yaitu sosial politik, namun tidak serta merta selamanya dalam sosial politik. Sebagai pembukaan, pemutaran video mengenai BEM ITS tahun ini pun diputar. Ada 3 fokusan dalam BEM ITS tahun ini, yaitu membina hubungan internal kampus, seperti pada ormawa dan pihak terkait, Membina kebijakan publik, jadi membuat event untuk mahasiswa di ASEAN dan dengan ormawa di luar ITS. Selain itu, BEM ITS membina karya-karya dari mahasiswa, jadi tidak berhenti pada tingkat mahasiswa namun sampai diimplementasikan kepada masyarakat nantinya. Penjelasan mengenai tiap kementrian pun juga dijelaskan termasuk menteri BEM ITS yang sedang menjabat.

Gambar 2. Rahman Cahyadiputra Sedang Memberikan Pemaparan

  Di sesi ketiga, terdapat pemaparan materi mengenai Mahkamah Mahasiswa dari ketua MM yaitu Hafiz Nuzal. Peran MM adalah yudikatif jadi mempunyai peran kehakiman di ITS. Tugas Mahkamah Mahasiswa adalah melakukan interpretasi tergadap perundang-undangan KM ITS jika terhadi konflik pemahaman antar lembaga. Selain itu, hak uji materi teradap undang-undang, hasil pemilu, dan aturan-aturan yang dianggap bertentangan dengan KDKM ITS, dan terdapat tugas lainnya. Di akhir sesi, ketua MM pun memberikan pencerahan mengenai kondisi kekinian lembaga di Indonesia. Banyak orang Indonesia yang berbuat kriminal, misalnya penjara di Australia yang terdapat wifi yang kecepatannya sangat tinggi dan fasilitas lengkap. Berbeda dengan penjara di Indonesia yang fasilitasnya sangat rendah.

Gambar 3. Ketua Mahkamah Mahasiswa ITS

  Pada sesi keempat, pemaparan Lembaga Minat Bakat atau LMB ITS diberikan oleh M. Lutfi Baihaqie sebagai ketua LMB ITS. Lembaga ini menampung minat dan bakat mahasiswa yang ada di ITS untuk dikembangkan. Jadi walaupun kita ada di kampus teknologi, kita jangan terpaku dengan apa yang harus dipelajari. LMB ini melatarbelakangi terbentuknya ormawa-ormawa yang ada di ITS. Mahasiswa butuh wadah dalam mengembangkan dirinya. Selain itu, dipaparkan juga mengenai fungsi dan pelaksanaan LMB sebagai perannya dalam meampung minat dan bakat mahasiswa ITS. Forum-forum yang ada di LMB adalah musyawarah tahunan yang dilaksanakan sekali dalam satu periode kepengurusan, sidang yang dilaksanakan 3 kali dalam satu periode masa kepengurusan, dan rapat dewan presidium.

Gambar 4. Ketua LMB ITS (M. Lutfi Baihaqie)

  Untuk mengakhiri sesi Hello Ormawa Day 2 ini terdapat sesi tanya jawab dari mahasiswa Sistem Informasi Angkatan 2014 kepada masing-masing ormawa yang memberikan pemaparan di hari kedua ini. Sekian postingan kali ini, apabila ada kata-kata yang kurang sopan saya minta maaf, dan apabila ada lebihnya itu merupakan anugerah dari Yang Maha Kuasa. Terima kasih dan sampai jumpa di postingan berikutnya!! :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar