Senin, 13 Juli 2015

Ospek di ITS, Penting Gak Sih?

  Hai hai, bagaimana kabarnya nih? Semoga baik-baik saja ya. Nah, dalam kesempatan kali ini Fakta Kita bakal membahas mengenai salah satu informasi yang mungkin dicari oleh mahasiswa baru. Yap, salah satunya adalah mengenai ospek di kampus. Untuk lebih detailnya, kita akan membahas ospek di Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya. Mau tau seperti apa? So, check this out yaa..

  Orientasi studi dan pengenalan kampus atau yang biasa disingkat ospek adalah hal yang dilakukan setiap universitas untuk memperkenalkan budaya maupun lokasi yang akan digunakan mahasiswa dalam menjalankan proses pembelajarannya. Berbagai bentuk ospek pun dilakukan universitas untuk membuat mahasiswa baru lebih paham mengenai proses studi di universitas tersebut, mulai budaya studi, proses aplikasi studi, struktur kepengurusan dari stakeholder kampus, dan sebagainya. Salah satu universitas yang menerapkan ospek adalah Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

  ITS - Institut Teknologi Sepuluh Nopember yang dikenal juga sebagai kampus perjuangan juga melaksanakan ospek kepada mahasiswa baru. Hal ini ditujukan agar nantinya mahasiswa baru dapat mengenal lingkungan kampus, menambah wawasan dalam penggunaan sarana pendidikan, mengajak mahasiswa untuk mematuhi norma-norma dan peraturan yang berlaku agar selama pendidikan mahasiswa tetap lancar sesuai dengan yang diimpikan. Bagi kalian mahasiswa baru ITS, pasti bakal kepikiran seperti ini :

"OSPEK di ITS ngapain aja ya kak? Apa saja?"


  Pasti banyak yang menanyakan hal ini. Pertanyaan diatas adalah pertanyaan yang kami himpun dari sobat Fakta Kita. Kali ini kita akan bahas satu persatu mengenai bermacam-macam ospek di Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Yuk kita bahas yang pertama:

1. GERIGI (Generasi Integralistik ITS)

Foto Suku Siak - Kelompok saya saat GERIGI 2014

  Orientasi studi dan pengenalan kampus secara general ini bernama GERIGI. ITS mempunyai banyak sekali jurusan dan menerima ribuan mahasiswa baru setiap tahunnya. Oleh karena itu, pengenalan kampus perlu dilakukan secara bersamaan. Nah, dalam GERIGI kalian bakal punya temen satu kelompok yang berbeda jurusan dan kebanyakan dari tempat tinggal yang berbeda. Disinilah tantangannya, kita ada berada di zona integralistik yang lebih dewasa dan menuntun kita agar memahami keberagaman.

Kebersamaan dengan peserta GERIGI lainnya *btw kuat banget -.-

  Orientasi ini dapat dikatakan sebagai ospek tingkat institut di ITS. Tenang saja, output-an dari GERIGI ini sangat asik dan dapat dirasakan dengan cepat. Sehabis acara ini kalian bakal punya banyak temen, jadi ga canggung lagi apalagi malu-malu. Durasi acara ini sih sekitar 3-5 hari. Lama? Engga kok, malah kalian bakal ketagihan karna asik banget. Nah, pengen tau gimana asiknya GERIGI tahun 2014? Yuk intip disini..


  Pada tahun 2014 lalu, saya (sebagai peserta) juga merasa takjub dan bangga. Masih ingat dengan papermob? Ya, tahun lalu setiap universitas memberikan foto mahasiswa barunya dengan membawa papermob sehingga membentuk suatu bentuk tertentu. Nah, kalau ITS? Bukan hanya foto lo, kita dapat membentuk sebuah VIDEO!! Canggih bener gak tuh, papermob dengan ribuan orang. WOW! Bahkan dipost sama INDOVIDGRAM lo pada saat itu. Nah, berikut videonya :)


NB : Oh ya, disini mulai kita berikan kamus KHAS ITS, karena ospek kelihatannya mempunyai konotasi yang negatif, kita alihkan menjadi istilah PENGADERAN. OK?

2. IPITS (Informasi dan Pengenalan ITS)

  IPITS ini adalah agenda yang diselenggarakan oleh ITS dan bersifat resmi. Resmi maksudnya bagaimana? Jadi disini kita akan dikelompokkan (gugus) dan menerima informasi seputar ITS dari civitas akademika di ITS serta juga setiap gugus akan berada di lokasi yang berbeda. Dapat dilihat bahwa agenda ini juga membuat mahasiswa agar mengenal lokasi di ITS secara tidak langsung dan juga mempunyai teman baru dalam satu gugusnya. Wah, dijamin banyak temen deh (y). Jadi yang jomblo, gak bakal kesepian lagi nih *oke kembali ke topik*

3. ESQ

  ESQ atau yang biasa dikenal dengan Emotional Spiritual Quotient juga merupakan fasilitas yang diberikan oleh ITS kepada mahasiswa barunya. Agenda ini biasanya dilakukan di Gedung Robotika ataupun Graha ITS maupun lokasi lainnya. Pastinya ESQ akan lebih meresap ke mahasiswa apabila dikelompokkan sesuai dengan keyakinan masing-masing. Nah, ini juga fasilitas yang diberikan buat para jombs buat nyari sepikan temen lagi biar makin ramai hidupnya. Juga pastinya untuk merefleksikan diri selama ini, karena saat ini kalian sudah MAHASISWA bukan SISWA. Bayangkan vroh, MAHA :)

4.OK2BK (Orientasi Keprofesian dan Kompetensi Berbasis Kurikulum)

  Kalau GERIGI itu ospek pengaderan versi institut, kali ini OK2BK mulai dikelompokkan dan diberikan ke jurusan masing-masing. Nah, mulai tahap ini kalian bakal mengenal lagi temen satu jurusannya. Selain itu, agenda ini merupakan gagasan baru kepada mahasiswa baru. Gagasan baru? Ya, selain penanaman materi kepada mahasiswa baru, jurusan juga akan memberikan pengetahuan mengenai keprofesian yang bersangkutan. Selain itu, tak lupa nilai-nilai luhur ditanamkan ke mahasiswa baru. OK2BK secara resmi diperbolehkan ITS selama 1 minggu (tahun lalu, 2014). Jadi, selama seminggu kita akan mengenal jurusan dan juga wawasan yang dapat menambah pengetahuan kita. 

  Pengaderan jurusannya cuma seminggu kak? Sebenarnya hal ini yang masih saya bingungkan. Namun akan saya coba share ke teman-teman. Secara resmi OK2BK hanya seminggu, namun organisasi jurusan (himpunan mahasiswa) merancang lagi jenis pengaderan yang lain, mungkin dengan nama yang berbeda, untuk diberikan kepada mahasiswa baru. Ranah dari himpunan mahasiswa jurusan itu mengarah kepada keprofesian. Jadi, diharapkan kita bisa semakin dekat dengan arti "keprofesian" itu sendiri. Jadi, begini..

Setiap organisasi di tingkat ITS mempunyai ranah kerjanya masing-masing:
1. BEM ITS memegang ranah sosial-politik
2. BEM Fakultas memegang ranah sosial-masyarakat
3. Himpunan Mahasiswa Jurusan memegang ranah keprofesian

  Jadi, simpelnya kalau himpunan mahasiswa jurusan kan memegang keprofesian. Misalkan jurusanmu jurusan tentang komputer, himpunan mu membantu kamu untuk lebih mengenal komputer dari segi kerja nanti. Entah jadi konsultan, programmer, atau analis IT. Kalau himpunan jurusanmu malah konsen ke hal lain diluar keprofesian, itu yang perlu ditanyakan tuh. Apakah ranah himpunannya sudah benar? Atau justru himpunannya yang salah jurusan *hihihi*. Ini dia, jadi sebagai elemen yang dikader, kalian juga berhak menyatakan pendapat kalian :)

 "Oke kak, sudah jelas apa saja macamnya. Lalu kenapa saya harus ikut ospek di ITS?"

1. KARAKTER, Kenapa dengan karakter kak? 
  Nah, jadi begini. Ini adalah kalimat yang saya dapat waktu GERIGI,

"Saat ini Indonesia tidak kekurangan orang PINTAR. Mengapa? Lihatlah para koruptor yang menghabiskan uang rakyat, apa mereka bodoh? TIDAK! Mereka adalah lulusan dari universitas di Indonesia, bahkan ada juga yang merupakan lulusan dari luar negeri. Tak jarang juga mendapatkan IP Cumlaude di universitasnya. Namun kenapa mereka melakukan hal itu? Ya, mereka tidak punya karakter. Begitulah orang pintar tanpa karakter yang kuat dan nilai-nilai luhur yang ditanamkan."

 Beruntunglah kalian yang ada di ITS ini, kita di didik untuk menjadi kader terbaik bangsa yang punya karakter kuat. Bukan malah menjadi pengkhianat bangsa kita sendiri. Saya juga mendengar dari alumni ITS, kalau lulusan dari ITS banyak dicari karena lulusannya sudah jelas dan berkarakter *ciee mumbul iki*

2. NO MANJA
  Ini juga merupakan hasil survey Fakta Kita kepada alumni ITS maupun kakak tingkat yang sedang kerja praktik. Di dunia kerja, pastilah kita tidak boleh manja. Ada seseorang yang saya survey berkata, di stasiun televisi dia bekerja dengan lulusan universitas lain. Namun, ketika menghadapi suatu masalah mudah sekali tumbang bahkan sedikit-sedikit mengeluh. Bagaimana dengan lulusan ITS? Kata masnya sih, "Sudah terbiasa dek, udah dikader disini kan sesuai keprofesian. Biasa aja jadinya". Bisa dijadikan nilai plus waktu masuk dunia kerja nantinya lo :)

3. PUNYA BANYAK TEMAN
  Saya rasa ini sudah jelas ya, apalagi ketika saya jlentreh jelaskan apa saya pengaderan di ITS. Sudah dipastikan kalian punya banyak teman baik di dalam jurusan maupun di luar jurusan kalian.

4. TAHU BUDAYA DAN FASILITAS STUDI
  Ini juga tidak kalah penting lo. ITS mempunyai banyak fasilitas yang diberikan kepada mahasiswanya, misalnya fasor (fasilitas olahraga). Dengan mengikuti orientasi, kita akan tahu prosedur peminjamannya dan juga budaya yang ada di ITS. Pokoknya, jangan kuper deh di ITS. Yang rugi kita sendiri lo guys!  dan masih banyak keuntungan yang lain :)

  "Kak, tanggapannya mengenai foto ini dong :)"


  Oke, ini mungkin yang lagi musim di sosial media setiap tahunnya ya. Memang ini perbandingan ospek di luar negeri (atas) dan di Indonesia (bawah). Tapi itu tahun berapa vroh?  Kalau di ITS saya bisa jamin ospek pengaderannya lebih berkualitas dan mengutamakan pencerdasan. Gak usah percaya sosial media yang negatif guys :)

  Oh ya, mungkin foto diatas juga dishare oleh akun-akun sosial media. 
Coba kita analisis ya, kalau kalian mudah terpancing jadinya begini :

Kalian emosi = Banyak Komentar di Post
Banyak Komentar di Post = Akunnya bakal ke share secara otomatis
Akunnya bakal ke share secara otomatis = Traffic nya naik
Traffic nya naik = Banyak sponsor yang mau endorse
Banyak sponsor yang mau endorse = mereka dapet uang

Nah, kalian dapet apa? Cuma dapat emosi aja kan? Padahal belum tentu benar juga terjadi. Bahkan, belum tentu juga admin sosial medianya ikut ospek #EhMaap

  Setelah mengetahui banyak banget keuntungan dari ikutan pengaderan di ITS apalagi ikut GERIGI, harapannya sih kita memanfaatkan baik-baik kesempatan ini. Jangan sampai kita hanya jadi orang pintar yang tidak punya karakter bahkan menghindarkan diri dari nilai luhur. Namun pesan saya, jangan jadi air yang mengalir terus! Apabila kalian merasa kalau ada yang tidak beres dan tidak benar, silakan berpendapat. Dan pesan saya, bawa keprofesian kalian terus dan tanamkan. Jangan mau digusur oleh sekumpulan orang-orang yang tidak berpengalaman guys! Keep SMART dan DO YOUR BEST!

  Demikian artikel saya kali ini, apabila ada salah kata saya mohon maaf dan apabila ada lebihnya itu merupakan anugerah dari Yang Maha Kuasa. Terima kasih dan Salam Integralistik!

Kalau ada pertanyaan, jangan ragu tanya di komentar maupun di akun sosial media:

Feel Free to Ask Me, guys! :D

"Pengaderan akan terus berlangsung seumur hidup, tidak akan pernah berhenti sampai kita menutup mata. Setiap kita menghadapi sesuatu yang baru, kita akan memotivasi diri kita untuk menghadapinya dan tidak akan mundur semudah membalikkan telapak tangan" - Stanley Wijaya

12 komentar:

  1. Kak, dulu ok2bk / pengaderannya total berapa minggu/bulan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. OK2BK saya dulu 6 hari, sekarang jadi 4 hari ya :D
      Pengaderan tergantung kompak tidaknya angkatan mahasiswa barunya :D

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setau saya gaada fisik kok. Apapu pengaderan di ITS sudah diawasi langsung oleh rektor dan jajarannya. tidak ada yang berani-berani fisik. Kalau di pisui sih urusan pribadi mas wkwk

      Hapus
  3. Bakal kerepotan sampe malem ga? Soalnya asrama gerbangnya buka sampai jam 11 doang... Takutnya kekunci di luar hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. engga sih, bisa ijin petugas asramanya buat minjem kunci --> masukin motor --> balikin kuncinya lagi :D

      Hapus
  4. Bakal kerepotan sampe malem ga? Soalnya asrama gerbangnya buka sampai jam 11 doang... Takutnya kekunci di luar hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. engga sih, bisa ijin petugas asramanya buat minjem kunci --> masukin motor --> balikin kuncinya lagi :D

      Hapus