Kamis, 17 Januari 2013

Citizen Jurnalism, Buat Indonesia Maju..

  Hai teman-teman, masih bersama Stanley Wijaya dalam website kesayangannya yaitu www.faktakita.com yang akan selalu setia menemani kalian di waktu dan kesempatan yang ada. Bagaimana kabarnya nih? Bagaimana sekolah kalian? Semoga selalu semangat ya. Nah, dalam postingan saya kali ini saya akan membahas tentang kegiatan ataupun pekerjaan yang sedang marak-maraknya nih. Yap, apalagi kalau bukan Jurnalisme Warga atau Citizen Jurnalism. Mau tau ceritanya? So, check this out yaa..


  Citizen Jurnalism atau jurnalis warga adalah suatu pekerjaan ataupun kegiatan yang merupakan tindakan pemberitaan. Kegiatan ini melibatkan warga sebagai reporter ataupun sebagai jurnalis pada umumnya. Sudah banyak sekali stasiun televisi yang melibatkan warga dalam kegiatan pemberitaan. Banyak pula antusias dari warga karena mereka juga senang di dunia hiburan dan pemberitaan. Jurnalis warga ini juga menandakan tentang partisipasi aktif anggota masyarakat dalam pengumpulan berita.

Dalam Online Journalism Review Article, menurut J.D Lasica, 
Citizen Journalism memiliki beberapa tipe, yaitu :

- Audience Participation atau Partisipasi dari masyarakat seperti komentar dalam berita, Blog pribadi, photo atau video yang diambil dari kamera pribadi atau berita lokal yang ditulis oleh masyarakat sebuah komunitas.
- Berita independent dan informasi website, contohnya laporan konsumen
- Situs Full fledge participatory, contohnya masyarakat yang termasuk dalam situs Ohmynews
- Situs kolaborasi dan kontribusi media, contohnya orang-orang yang termasuk dalam Slashdot, Kuro5hin
masyarakat yang memiliki mailing lists atau email newsletters
- Situs broadcasting pribadi seperti Youtube atau KenRadio.

Lalu bagaimana untuk menjadi seorang citizen jurnalism itu?

Jawabnya, mudah sekali. Karena banyaknya stasiun televisi yang mencari jurnalis warga tersebut pada akhirnya banyak even yang diadakan. Jadi pastinya banyak tema dan topik yang ditentukan oleh stasiun televisi tersebut. Untuk merekam ataupun mengambil suatu laporan biasanya kita harus memakai alat kita sendiri. Handphone, handycam ataupun kamera biasanya juga bisa menjadi alat dasar dalam pengambilan laporan seorang reporter.

Dalam pengerjaan itu pula kita bisa meminta bantuan kepada orang lain sebagai perekam ataupun mediator dalam pengambilan informasi tersebut. Berikut ada beberapa tips yang saya berikan untuk kalian yang tertarik menjadi seorang citizen jurnalism.

- Pilih setting yang menarik
Untuk masalah tempat dan setting tempat juga bisa berpengaruh dengan laporan seorang citizen jurnalism. Mengapa? Dengan setting dan tempat yang menarik pastinya para penonton merasa tertarik untuk melihat laporan berita yang sudah kita buat. Pencahayaan pun juga harus diperhatikan. Penonton juga akan bosan kalau seorang reporter yang melaporkan saja wajahnya tidak kelihatan apalagi dengan suara yang tidak maksimal. Maka dari itu, semua komponen ini harus diperhatikan dan diterapkan secara benar dan tepat.

- Latih Kemampuan Berbahasa Anda
Kemampuan berbahasa juga harus diperhatikan dalam hal ini. Banyak jurnalis warga yang tidak lolos tayang karena menggunakan bahasa yang kurang tepat ataupun terlalu gugup sehingga laporan yang disampaikan terbata-bata. Maka dari itu, sebelum tampil sebagai reporter warga kita harus mengasah itu semua. Siapa tahu saja dengan hasil belajar berbahasa kita tersebut, bisa mengundang decak kagum para penonton bahkan bisa direkrut di stasiun televisi yang ternama.

- Jangan Minder
Sebagai jurnalis warga, tidak usahlah kita pesimis dan berpikir apakah berita yang kita ambil layak untuk ditayangkan. Banyak berita dan hal-hal penting lainnya yang belum terungkap di media. Maka dari itu sebagai citizen jurnalism mempunyai banyak tantangan untuk mengungkap semua itu. Pastinya dengan terbongkarnya semua hal yang ada dan secara bebas akan membuat Indonesia semakin maju dan selalu aman tanpa adanya sesuatu yang ditutup-tutupi kepada rakyat. Ekspor informasi tersebut juga bisa ditampilkan tanpa adanya sensor selama informasi tersebut benar dan tepat. Jadi terlihat jelas, seorang jurnalis warga bisa sangat berpengaruh terhadap perkembangan informasi di negaranya.

- Cari Topik Yang Menarik
Topik yang menarik adalah kunci sukses seorang jurnalisme warga. Mengapa? Dengan topik yang menarik inilah penonton bisa mengapresiasi semua pokok dari usaha kita. Percuma saja bila semua peralatan yang kita gunakan bagus namun topik yang kita angkat tidak menarik.
Maka dari itu, kita harus pintar-pintar dalam mencari topik tersebut. Sebagai contoh, kita bisa mengungkap kebiasaan korupsi para pemerintah, atau juga bisa tentang alternatif wisata ketika liburan telah tiba. Itu pastinya cukup menarik minat para penonton.

  Lepas dari itu semua, jurnalis warga bisa membantu Indonesia dalam memperkenalkan seluk beluknya. Kita bisa membahas atau mengambil topik tentang kebudayaan Indonesia ataupun tempat wisata. Hal tersebut bisa dikaitkan dengan promosi Indonesia dalam menarik wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Memang kebanyakan jurnalis warga tidak mendapatkan bayaran atau upah, namun kepuasan tentang berita kita yang dimuat sudah menjadikan diri kita senang dan bangga atas hasil kerja keras kita sendiri.

Lalu apakah pengaruh adanya jurnalis warga di negeri ini?

  Seorang jurnalis warga, pastinya akan berbeda dengan yang lainnya. Kemampuan bertata bahasanya akan selalu diterapkan pada kehidupan sehari-hari. Tingkah laku yang sopan pun pastinya juga terlijat dalam pribadinya. Kreatifitas juga semakin diruncingkan. Mengapa bisa? Yap, berpikir tentang topik dan pembahasan membuat seorang jurnalis warga mencari hal-hal yangh menarik supaya penonton mau dan tertarik melihat laporan khusus kita.


  Dengan adanya kreatifitas itu pula, seorang warga negara bisa kembali bersaing di era global yang keras ini. Persaingan tersebut akan lebih mudah dan berinovasi sehingga nantinya membawa Indonesia menjadi lebih maju dari sebelumnya dan lebih bermoral dan pastinya beretika di kehidupannya kelak.

  Dari semua itu, seorang citizen jurnalism juga memiliki sebuah kode etik yang tidak boleh dilanggar. Yap, sebelum menjadi seorang jurnalis kita juga harus memahami tentang peraturan yang harus kita taati. Berikut ini sebagian besar dari peraturan tersebut :

- Tidak boleh menyebarkan hoax
Kebohongan publik hanya akan merepotkan diri kita sendiri. Bahkan dengan adanya beberapa lembaga yang memegang kejurnalistikan dengan memerhatikan kode etik inilah yang bisa menghentikan laju karir kita. Maka dari itu jangan pernah sekali-sekali mencoba menyebarkan kebohongan publik. Karena suatu kebohongan hanya akan menyebabkan kebohongan lainnya. Hukuman dan denda pun juga siap menunggu bila kita melanggar kode etik yang satu ini.

- Jangan merusak nama baik
Nama baik sangatlah susah untuk didapatkan dan dipertahankan. Sebagai jurnalis, kita harus mampu mencari bukti terlebih dahulu kemudian baru memberitakannya. Akan susah bagi kita bila terlanjur merusak nama baik seseorang. Maka dari itu, perhatikanlah sekali lagi supaya kita selalu aman dalam memberitakan informasi.

  Maka dari itu, tidak ada salahnya kita mencoba menjadi citizen jurnalism kok teman-teman. Siapa tau kita bisa direkrut oleh stasiun televisi dan mendapatkan hasil dari keringat kita. Selain itu kita juga bisa memperbaiki pribadi kita dengan adanya inovasi dan kreatifitas yang timbul. Nah, SEMANGAT !!!

  Demikian artikel saya kali ini, bila ada kata yang kurang sopan saya minta maaf. Dan bila ada lebihnya itu merupakan anugerah dari Yang Maha Kuasa. Terima kasih.

16 komentar:

  1. love your posting #ThumbsUp

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haaha, thank you Michi :D
      Your blog is very well, so keep blogging yeah ..

      Hapus
  2. Terus semangat !!!
    Semua orang bisa membawa Indonesia maju kok.
    Dari bidangnya masing-masing..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yap, semoga saja yaa :D
      Terus semangat !!
      Salam pramuka !!

      Hapus
  3. Bagus gan, bukan cuma kreatifitas aja lo.
    Inovasi dan pola pikir kita juga bisa menjadi maju dari sebelumnya.

    Keep spirit eaa !!

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener itu gan, tadi saya cuma menyinggung haris besar dari salah satu sisi aja kok. hehe :D

      Keep blogging :D

      Hapus
  4. Sesuai dengan namanx, pkerjaan ini slalu membuat rakyat tertarik tuk mncoba hal baru!!
    smangat!!!

    Add my G+ yaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Ramzar, partisipasi rakyat juga semakin meningkat lo. Give applause deh :D

      Hapus
  5. Tepuk salut!
    salut salut, salut salut salut :D
    Memang antara jurnalis dgn kde etik tdk boleh trlepaz ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Dini, memang begitulah keterikatan antara jurnalistik dengan kode etiknya. Sepeti bintang dan bulan .. hehe

      Hapus
  6. Blogger magetan ini emank mesti bgus artikelnya!!!
    T.O.P.B.G.T lah

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, ayo dek. Kamu pasti bisa kok lebih dari aku. GAANBATTE!!!

      Hapus
  7. Jurnalism selalu meningkatkan pola pikir, kreatifitas dan masih banyak lagi.
    Partisipas rakyat saat ini jga udh lmayan lo gan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah,bener itu gan.
      Rakyat semakin hebat dari jaman ke jaman ya..

      Hapus
  8. JAdi pengen kayak jurnalis warga deh ya. hehe
    masuk TV hehe..

    BalasHapus