Jumat, 18 Januari 2013

Raih Masa Depan dengan TIK

TIK atau Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah suatu ilmu yang mempelajari segala bentuk informasi dan komunikasi baik melalui alat maupun penerapannya. Ilmu ini adalah suatu media untuk membantu kita mendapatkan pengetahuan yang lebih luas. Teknologi informasi juga ikut ambil bagian dalam mengadakan perubahan di muka bumi ini, mulai dari bidang kesehatan, pendidikan, ekonomi, pemerintahan, dan masih banyak yang lainnya.

Peranan TIK di era ini cukup mendominasi di seluruh negara. Salah satunya di Indonesia. TIK sudah menjadi terapan di kehidupan sehari-hari, terutama pada bidang pendidikan. Saya sebagai pelajar pun merasakan perkembangan ilmu TIK. Mulai dari penggunaan OHP (Overhead Projector) sampai sekarang dengan penggunaan LCD Projector pernah saya rasakan.

TIK cukup berpartisipasi dalam perkembangan edukasi. Bila kita mempunyai tugas ataupun pekerjaan yang cukup sulit untuk dikerjakan, kita dapat mencari sumber informasi di internet. Pengajaran E-learning pun mulai digalakkan untuk pembelajaran siswa. Di samping waktu yang terbatas di sekolah, siswa juga dapat belaajr di rumah dengan menggunakan fasilitas e-learning tersebut. Fasilitas itu juga dapat mengurangi penggunaan kertas yang juga dapat berakibat pada penebangan pohon di hutan.

Waktu yang diperlukan untuk mencari informasi itu pun sangatlah sebentar. Kita hanya perlu memberikan kata kunci atau keyword pada search engine dan dapat memilih referensi blog yang tertera. Pemakaiannya pun sangat efektif dan efisien. Disamping waktu yang sebentar, biayanya pun sangat murah. Bagi yang mempunyai laptop atau komputer, dapat segera mengakses internet dengan bantuan ISP ataupun hotspot yang tersedia. Jangan khawatir, bagi yang belum mempunyai. Kita bisa mengunjungi warnet untuk mengakses situs informasi tersebut.

Selain itu TIK bisa menjadi ajang kesenangan. Bagi para siswa yang mempunyai blog adalah website, mereka bisa mencurahkan isi hatinya atau informasi yang mereka punya untuk dipublikasikan di dunia maya. Ketika blog dan website menjadi sebuah diary online yang memuat keseharian kita, pastinya blog menjadi sebuah sahabat yang selalu setia bersama kita.

Selain itu, dengan membuat sebuah blog dan website akan membuat teknik kejurnalistikan para pengguna internet, terutama siswa akan terus berkembang. Mereka juga akan mengerti bagaimana harus menghormati Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) sehingga dapat menguntungkan diri sendiri tanpa merugikan orang lain.

Dahulu ilmu TIK yang hanya dipelajari dan diutamakan dalam pelajaran saja, sekarang ilmu TIK sudah menjadi ajang perlombaan untuk prestasi siswa dan para penggunanya. Banyak perusahaan, instansi dan produk yang mengadakan lomba berupa kontes blog yang ditujukan untuk memajukan kualitas jurnalistik generasi muda serta membantu kemajuan pihak yang terkait.

Teknologi Informasi dan Komunikasi sangat membantu saya dalam mencapai prestasi, terutama pada lomba blog. Beberapa waktu lalu Blogdetik mengadakan lomba antar pelajar SMA se Indonesia.

Saya sebagai siswa SMA Negeri 1 Magetan pun ikut ambil bagian dalam lomba tersebut. Lomba yang bertemakan “Ekspresi Blogger Indonesia” itu dapat saya raih dengan predikat juara I kategori Pelajar se-Indonesia. Hal tersebut membuat saya membawa kota Magetan, terutama Provinsi Jawa Timur di tingkat Nasional.

Saya bergabung dengan KOBAMATA (Komunitas Blogger SMAN 1 Magetan) di sekolah saya. Komunitas itu adalah komunitas IT yang selalu mengadakan pertemuan rutin tiap minggunya. Di dalam komunitas ini, kita belajar tentang bagaimana membuat sampai mendesain sebuah blog, video dan foto editing, dan masih banyak yang lainnya. KOBAMATA ini walaupun kecil, tak berarti berdiam diri. Terbukti dengan prestasinya yang sudah mencapai tingkat internasional.

Tak lama kemudian, berkat piagam Juara I dari lomba blog tersebut, saya berhasil menerima beasiswa ke Australia selama 2 minggu. Dalam program tersebut, saya juga berhasil mendominasi computing class yang saya terima di Canning College, Perth, Western Australia. Disana pula saya memecahkan rekor dunia dalam permainan intelegensi dan intelektual. Rekor sebelumnya adalah 10 menit, dan saya memecahkannya dalam waktu 5 menit. Hal itu membuat nama Indonesia tercantum dalam buku rekor di Australia.

Setelah kepulangan dari Australia dengan modal ilmu Teknologi dan Informasi yang cukup, saya mendapatkan gelar NETTIZEN karena memberikan dampak positif dan peran aktif dalam sosialisasi berkendara aman dan tata tertib lalu lintas di internet.

Selain itu, tepatnya pada tanggal 7 Juli 2012 saya yang mewakili SMA Negeri 1 Magetan berhasil mendapatkan Juara I lomba blog Se-kabupaten Magetan yang diadakan oleh Dishubkominfo Magetan dalam rangka mempromosikan potensi kota Magetan di dunia maya.

Lomba lainnya yang pernah saya menangkan adalah Juara I lomba blog Akber Madiun yang diadakan untuk mempromosikan kota Madiun. Kemudian juga ada lomba Pojok Pulsa yang bertemakan “Antara Aku dan Pulsa” yang dapat saya tembus hanya 40 besar saja.

Semua prestasi itu berkat pelajaran TIK dan praktek membuat blog yang mulai saya tekuni sejak kelas 8 SMP. Saat itu saya memanfaatkan blog sebagai teman curhat saya, sehingga sampai sekarang pandangan TIK di pikiran saya sangat mengasyikkan. Semua itu bertambah asyik ketika saya mempelajari editing video dan foto yang saya dapatkan saat ekstrakurikuler TIK di sekolah menengah atas saya. Hasil dari editing tersebut dapat membantu kelangsungan dan kelengkapan isi blog saya sehingga semakin lengkap dan berisi.

Berawal dari ilmu TIK juga, saya sekarang mendapatkan pekerjaan kecil-kecilan di sekolah sebagai editor video profil sekolah yang digunakan untuk mempromosikan sekolah saya di sekolah menengah pertama yang cukup antusias ingin masuk ke sekolah saya ini. Rasa bangga dan senang terpancar karena melihat hasil karya saya dinikmati oleh orang lain yang menanggapinya sangat positif.

Dengan basis TIK pula, kita dapat menjalin silaturahmi antar relasi dalam jejaring sosial. Kita dapat berhubungan tak langsung dengan orang yang jauh disana. Penggunaannya yang efektif dan efisien membuat jejaring sosial ini banyak diminati oleh para pengguna internet, terutama para remaja.

Semua prestasi yang saya capai ini saya dedikasikan untuk Tuhan Yang Maha Esa dan kedua orang tua saya yang saya cintai. Berkat mereka, saya bisa menjadi seperti ini. Pastinya semua juga tak akan tercapai jika tanpa dukungan teman-teman yang memberikan motivasi dan semangat di kala saya sedang bosan dan kehilangan arah dalam memposting artikel di blog.

Perkembangan TIK di era ini sangatlah pesat, selain bisa menghasilkan dampak positif janganlah lupa ada dampak negatif yang bersiap menghadang kita. Semua dampak tersebut bergantung pada kita. Apabila kita dapat mengatur diri kita sendiri dan memanfaatkan kesempatan yang ada, pastinya ilmu TIK akan sangat membantu kita dalam meraih masa depan kita. Sebaliknya, apabila kita hanya bermain-main dengan kesempatan yang ada dan selalu bermalas-malasan dengan teknologi yang ada, sudah dapat dipastikan kita mendapat dampak negatif yang akan menghambat bahkan mematikan masa depan kita.


Demikian esai saya, bila ada kata yang kurang sopan saya minta maaf. Bila ada lebihnya itu merupakan anugerah dari Yang Maha Kuasa. Terima Kasih.
Uang bisa dicari, kesempatan hanya datang sekali
(Stanley Wijaya)
IDENTITAS :
Nama : Stanley Wijaya
Tempat, Tanggal Lahir : Jakarta, 18 September 1996
Alamat : Jalan Kresno no.37 Kebonagung, Magetan, Jawa Timur.
Sekolah : SMA Negeri 1 Magetan
Kelas : XI IPA 2
No. Induk : 15195
Prestasi :
-          Juara I Lomba Blog Kategori Pelajar se-Indonesia (Blogdetik)
-          Juara Umum NETTIZEN Piala Kapolres Kabupaten Magetan
-          Juara I Lomba blog Dishubkominfo Kabupaten Magetan
-          Juara I Lomba blog Akber Madiun
-          40 Besar Artikel Terbaik Pojok Pulsa
-          Beasiswa Pertukaran Pelajar ke Perth, Western Australia
-          Pemecah Rekor Intelegensi di Australia
Kata Mutiara : “Uang bisa dicari, kesempatan hanya datang sekali

16 komentar:

  1. Wah, semangat gan !!
    Kami sedang berusaha memadukan pramuka dengan IT. Doakan yaa..

    Kunjungi balik yaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, saya doakan bagus deh ntar pramukanya. Terus berkarya ya!!
      salam pramuka !!

      Hapus
  2. Komentar datang !!!
    hahhaa.
    Prestasinya banyak banget gan, ya ampun jadi iri deh ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, ga usah iri :)
      Kamu bisa lebih baik dari aku kok..

      Hapus
  3. selalu cepat dlm mberikan renungan.
    Bguz kkk!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. yap, ini renungan untuk masa depan kita tentang pengaruh TIK. Semoga bisa membantu pencerahan deh ya ^^ ^^

      Hapus
  4. Semangat Stan !!
    Terz brkarya yaa!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya rohim, terima kasih yaa.
      GANBATTE!!!

      Hapus
  5. kkak kelazku ynk satuh ini cool bgetz!!
    Bnyak bget juwaranx, ajarin dong kak :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, iya dek Ria.
      Terima kasih yaa, ayo sini belajar entar tak ajarin deh.

      Hapus
  6. Jdi trinspirasi nih kak!
    Optimis terus yaa!!
    Kesempatan memang datang sekali..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, bagus deh dek.
      Iya dek, pasti optimis kok :D

      Hapus
  7. Semangat Terus gan. Q juga Blogger dari Magetan. Q nak SMANTI, kelas 2 juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gan :D
      Salam, saya dari SMASA Magetan :D

      Hapus
  8. Ternyata IT banyak manfaatnya ya.
    Kunjungi Balik Gan.

    BalasHapus