Jumat, 22 Februari 2013

Desa Plaosan, Desa Berjuta Wisata

  Hai hai hai semuanyaa, masih bersama Stanley Wijaya dalam website kesayangannya yaitu www.faktakita.com yang akan selalu menemani kalian di waktu dan kesempatan yang ada. Bagaimana kabarnya? Semoga selalu baik-baik saja ya. Nah dalam postingan kali ini bakal sepesial banget nih. Yap, kali ini Fakta Kita akan membahas tentang Desa Plaosan. Sudah tahu dimana letak desa Plaosan? Belum? So, check this out yaa..

  Desa Plaosan, hayo teman-teman sudah tahu dimana letaknya belum nih? Letak Desa Plaosan itu ada di kabupaten Magetan, Jawa Timur. Masih kurang tau? Magetan itu adalah sebuah kabupaten yang terletak di dekatnya Madiun, pasti tau dong yaa. Nah, Magetan ini terkenal dengan wisata alamnya yang sangat menakjubkan nih, yap! Di Desa Plaosanlah tempat berjuta wisata itu berada.

  Di desa Plaosan ini, banyak kok yang bisa kalian nikmati. Mulai dari wisata alam sampai wisata kuliner pun juga bisa kalian dapatkan. Mau tau apa aja? Nih...

  Mulai dari wisata alam yaa, di Desa Plaosan ini terdapat sebuat telaga yang pastinya sudah cukup terkenal. Ya!! Namanya adalah Telaga Sarangan. Sarangan, begitu orang sering menyebutnya. Bila kalian sulit untuk membayangkannya, saya akan mencoba memberikan gambaran nih. Sarangan itu seperti danau toba, namun Sarangan ini adalah versi mininya. Kalau masalah suasana dan udara, kalian tahu puncak Bogor kan? Nah ini dia, Sarangan jauh dari kepenatan dan polusi udara bahkan udaranya dan suasananya yang sering berkabut membuatnya terlihat lebih daripada Puncak Bogor.


  Mulai dari hari biasa sampai hari liburanpun, Sarangan ini ramai dikunjungi loo teman-teman. So, kalian yang datang ke Sarangan ini ga bakal sia-sia dan nyesel deh. Ini ciyuss loh :D

  Nah untuk mencapai sarangan itu sendiri sangat mudah kok, sekarang jalan raya menuju ke objek wisata ini sudah diperbaiki hingga sangat nyaman dan tidak rusak lagi. Kalian bisa ke objek ini menggunakan angkutan umum, ataupun kalian juga bisa menggunakan alat transportasi pribadi kalian sehingga nantinya tidak usah terburu-buru dan terlalu banyak pikiran. Untuk biaya masuk, hmm... Cukup murah kok kawan, nantinya kalian akan menikmati pemandangan yang nilainya jauh lebih berharga dari tiket masuk tersebut. Ga bakal rugi deh!! :D

  Di Sarangan, banyak fasilitas yang bisa kita coba kok. Ada wahana naik kuda untuk memutari telaga, ada pula speedboat yang digunakan untuk mengitari telaga ini di air, atau bagi kalian yang bawa pacar atau pendamping hidup kalian juga bisa memakai perahu angsa nih. Bakal romantis banget dehh..

  Tak jauh dari sana, ada pula air terjun yang tak kalah indahnya loo. Air terjun Tirtosari, namanya. Air terjun tersebut kira-kira berjarak 500 meter dari Telaga Sarangan. Medan yang cukup menantang membuat perjalanan ini cocok bagi kalian yang suka hiking, bagi pemula ataupun yang sudah professional. Suasana yang adem ayem dan sejuk akan selalu menemani langkah kalian di Desa Plaosan ini loo, bila kalian beruntung, kalian juga akan menikmati tebalnya kabut di tempat wisata yang terletak di desa Plaosan ini.


  Oh ya, sudah lapar yaa?? Nah, di Telaga Sarangan ini banyak kok yang menyediakan makanan berupa sate kelinci beserta lontongnya, ada pula juga minuman ronde yang bisa menghangatkan badan kita. Walau kabut tebal, udara dingin, pastinya tak akan terasa bila minum ronde deh. Slurrpp...
 Buliran sambal kacang yang menyelimuti sate, ditambah dengan lontong yang siap mengisi perut, menambah wisata di desa ini semakin menyenangkan. Selain menikmati pemandangan yang menarik perhatian mata, kita juga bisa merawat si perut nih dari kelaparan yang melanda. Hahhaa..

  Di Desa Plaosan juga, terdapat juga wisata pemandangan alam yang tak kalah alaminya yaitu di Dusun Banyu Putih. Namanya unik bukan, bila diartikan ke dalam bahasa Indonesia menjadi Dusun Air Putih. Kali ini saya tidak akan membahas tentang sejarah dari nama desa tersebut. Tetapi saya akan mencoba membagikan pengalaman kalo teman-teman sudah dari Desa Plaosan (sarangan).


  Di Dusun Banyu Putih ini berbagai keindahan alam masih terpancarkan dengan alaminya tanpa adanya polusi udara dari kendaraan bermotor. Kicauan burung pun juga masih jelas terdengar, riakan air dan pohon yang terbentang hijau pun selalu terlihat sejauh pandangan mata. Bagaimana dengan daerah kalian??

  Pemandangan alami seperti ini memang jarang ditemui di kota-kota besar, maka dari itu saya menyebutnya sebagai wisata. Wisata yang dapat menenangkan dan merefresh otak kita dari kepenatan kegiatan kita sehari-hari. Siapa sangka, pemandangan seperti ini memang sangat dibutuhkan dimanapun manusia berada. Kita tidak bisa dikepung oleh bangunan-bangunan dan berbagai proyek yang menggusur pepohonan dari bumi ini. Bila terus dilakukan, malah-malah bumi akan menjadi bola api di antariksa ini.

  Nah, makanya bagi kalian yag nyari alternatif liburan bisa segera memikirkan wisata di kota Magetan ini nih, terutama di Desa Plaosan. Bagaimana dengan desa wisaata di daerah kalian? Ayo segera di posting yukk. Bingung? Kenapa? Banyak kok keuntungan yang ada. Antara lain :

-          Memperkenalkan Wilayah Indonesia
Dengan memposting desa wisata kita masing-masing, kita bisa memperkenalkan wilayah Indonesia pada orang lain loo. Bukan hanya kepada teman saja, bahkan relasi atau orang di daerah lain dan jauh pun bisa melihat informasi yang telah kita update. Bahkan kita bisa menarik wisatawan dari luar negeri untuk menikmati masa liburannya di Indonesia dan menjadikan destinasi yang sangat menyenangkan. Mungkin kita berpikiran terlalu jauh ya, tapi yang pasti kita bisa memperkenalkan wilayah Indonesia kepada dunia. Paling tidak, generasi muda kita akan mengerti dan tahu tentang potensi yang dimiliki oleh negeri merah putih ini dan tidak terbutakan dengan teknologi.

-          Menambah Pemasukan Daerah
Dengan semakin memperkenalkan wilayah Indonesia, wisatawan yang tertarik pun semakin banyak, pemasukan pun juga semakin banyak seiring bertambahnya wisatawan. Dari pemasukan tersebut, bisa digunakan untuk mengembangkan daerahnya akan semakin berkembang dan bisa bersaing dengan daerah lain. Itu semua juga akan membuat semua daerah di Indonesia akan semakin mengembangkan sektor pariwisata dan fasilitas daerahnya. Pastinya wisatawan akan semakin nyaman dalam menikmati akhir pekan ataupun liburan mereka di desa wisata.

-          Mengembangkan Potensi yang Terpendam
Siapa bilang pepohonan yang hijau tidak bisa menjadi potensi yang bagus? Malah sebaliknya, potensi hijau-hijauan ini sangatlah langka loo. Coba kalian lihat di perkotaan? Adakah pepohonan hijau dan taman kota yang masih alami? Nah, di pedesaan inilah potensi terpendam berada. Selain itu, kita juga bisa menggali potensi terpendam desa wisata loo, siapa tau ada air terjun yang sangat indah dan danau. Hahha...

Demikian postingan saya kali ini, bila ada kata yang kurang sopan saya minta maaf dan bila ada lebihnya itu merupakan anugerah dari Yang Maha Kuasa. Terima kasih.

19 komentar:

  1. Aku dulu pernah kemah di bumi perkemahan Sarangan :D Ademm benerr..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, iya. Emang cocok dibuat kemah kok daerahnya :D

      Hapus
  2. Wah, ternyata ada yang posting Plaosan juga yaa..
    Pertamaxx gannn :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gan, hehe.
      mau mengembangkan potensi yang terkubur nih :D

      Hapus
  3. Wah, kayanya butuh liburan ke sana nih.
    Jaraknya dari madiun jauh gak sih gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekitar 50 kilo gan, atau 1 jam dari madiun :D

      Hapus
  4. Dusun banyu putih? Unik banget namanya

    BalasHapus
  5. Pengen kesana nih, temenin dong gan. Mau gak nich?

    BalasHapus
  6. Kemaren aku ke Domus mariae deket sarangan kak, kabutnya tebel pas malem..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, adem kan? hahhaa, terima kasih sudah mengunjungi magetan :D

      Hapus
  7. Di Sarangan banyak banget hotel yang bisa dipake buat meeting gak gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak kok gan, ada hotel merah juga tuh :D

      Hapus
  8. wah belom sempet mulu,padahal deket visit sinatriadan.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, ayo dong dikunjungi makanya :D

      Hapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. Balasan
    1. haha, that's have a good scenery of magetan :)

      Hapus