Jumat, 28 Juni 2013

Youth Exellent Camp 2013 “Next Level, New Dimension”

  Hai teman-teman, masih bersama Stanley Wijaya dalam website kesayangannya yaitu www.faktakita.com yang akan selalu menemani kalian di waktu dan kesempatan yang ada. Syalom semua!! Bagaimana kabarnya nih? Semoga makin luar biasa yaa. Nah, dalam postingan saya kali ini saya akan membahas tentang pengalaman saya ikut YES CAMP nih. Mau tau?? Asik banget loo, so check this out ya !!


  YES CAMP (Youth Exellent Servant Camp) adalah sebuah camp yang diadakan oleh YES Ministries. YES Camp pada tahun ini diadakan pada tanggal 24-26 Juni 2013 di Karangpandan lo teman-teman dan peserta tahun ini datang dari Magetan-Solo-Ponorogo.  Nah, YES Camp pada tahun ini mengangkat tema “Next Level, New Dimension” yang merupakan tema ketiga dari YES Camp yang telah diadakan selama ini.

  Konsep YES Camp ini adalah menerapkan  kedisiplinan. Kedisiplinan bukan merupakan suatu bentuk hukuman, namun disiplin adalah suatu penerapan akan nilai-nilai. Nah pada hari pertama, semua peserta dibagi menjadi beberapa kelompok dan saling berkenalan. Dalam kelompok ini, mereka diberikan project atau permasalahan yang harus dipecahkan secara bersama-sama. Hal ini pastinya akan mengasah kekompakan masing-masing kelompok. Mereka juga harus sebisa mungkin menerapkan kedisiplinan dalam setiap kegiatan.

 Di hari pertama ini pula mereka mendapat materi rohani bahwa kerajaan surga bukanlah soal duniawi, melainkan tentang kebenaran, damai sejahtera dan sukacita oleh Roh Kudus. Kunci dalam materi pertama ini adalah kita harus “saling”. Bahwa kita harus saling mengasihi sesama manusia, saling mencintai, saling menyayangi untuk mencapai kerajaan surga.

  Kita juga harus menjadi garam dan terang dunia yang ditegaskan pada acara KKR. Hendaknya kita bisa menuju kerajaan Allah dengan “peduli” terhadap sesama kita. Kita hendaknya bisa menjadi garam yang dapat mengubah sesuatu menjadi berasa. Walau tak kelihatan dalam masakan, namun garam dapat mengubah rasa dalam masakan tersebut. Kita juga harus bisa menjadi terang supaya dapat memberikan dampak yang baik yang jelas bagi sesama walau tak berwujud.

  Hari kedua diawali dengan flashmob dance bersama seluruh peserta dan panitia. Dance ini merupakan salah satu apresiasi YES Ministries untuk mengajak generasi muda dalam menyelamatkan Indonesia dari flashdance (Save Indonesia from YES). Setelah flashdance itu, diberikan juga materi yang menerangkan bahwa generasi muda harus serius pada Tuhan, “harus” menjadi garam dan terang dunia & tidak hanya berpartisipasi saja.  

  Banyak pula games yang diadakan pada hari kedua untuk membuat masing-masing kelompok semakin kompak dan mengenal satu sama lain. Tak lupa juga banyak hadiah yang disediakan untuk semakin memacu kelompok untuk bersaing. Menang kalah bukanlah masalah, tetapi respon hatilah yang menjadi tujuan utama.

    Terdapat pula beberapa workshop yang semakin menguatkan iman akan Allah. Allah kita adalah Allah yang dahsyat, haruslah kita jangan hanya berpartisipasi saja. Melainkan kita harus bisa menjadi pasukan Tuhan. Kita belajar dalam proses firman Tuhan, bukan pada hasil akhir. Nah, dalam program Next Level, ada 3 proses yang akan dilalui :
1.       Pertobatan
2.       Proses oleh hidup
3.       Mencapai Kesempurnaan

  Hari ketiga pun tiba, setiap peserta mempersiapkan diri untuk memulai kegiatan. Kegiatan pada hari ketiga adalah outbond. Pada outbond ini, ada beberapa pos yang harus dilalui. Berbagai rintangan dan tugas juga ada dalam setiap pos yang pastinya ditujukan untuk semakin mempercayakan dan saling kompak antar tiap anggota kelompok. Antusias dari setiap peserta pun sangat terlihat dalam kegiatan ini hingga sampai akhir kegiatan outbond.

  Setelah acara outbond selesai, setiap peserta diberi waktu untuk membersihkan diri dan berkumpul untuk acara penutupan. Acara penutupan didahului oleh doa penutup dan foto bersama semua peserta dan masing-masing daerah yang ikut. Pastinya acara Youth Exellent kali ini sangat mengesankan bagi tiap-tiap peserta dan Youth Exellent Camp tahun depan akan selalu ditunggu-tunggu bagi semua umat kristen ini.

  Tuhan selalu memberi lebih pada kita. Supaya sisanya bisa kita berikan pada orang lain. Bagaikan harta karun yang terpendam di ladang, harta terpendam itu ada di diri kita. GALI ITU !!

  Demikian postingan saya kali ini. Bila ada kata yang kurang sopan saya minta maaf, dan bila ada lebihnya itu merupakan anugerah dari Yang Maha Kuasa. Terima Kasih. Tuhan Memberkati. AMIN.

“Saya Generasi Muda, 
Generasi Pembuat Pembuat Sejarah”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar