Minggu, 02 Juni 2013

Cimahi, Kota Sejuta Potensi

  Hai teman-teman, masih bersama Stanley Wijaya dalam website kesayangannya yaitu www.faktakita.com yang akan selalu menemani kalian di waktu dan kesempatan yang ada. Bagaimana kabarnya nih? Semoga baik-baik saja yaaa. Nah dalam postingan kali ini saya akan  membahas tentang "All About Cimahi" nih. So, mau tau kan? Check this out yaa...

  Cimahi adalah sebuah kota yang terletak di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Mungkin beberapa dari kalian tahu bahwa Cimahi bagian dari kabupaten Bandung, tetapi sejak 29 Januari 1976 Cimahi ditetapkan sebagai kota administratif dan pada 21 Juni 2001 ditetapkan sebagai kota otonom sehingga kota Cimahi sejak saat itu berdiri sendiri.

  Cimahi, sebenarnya apa sih artinya "Cimahi"?? Cimahi mempunyai arti "air yang cukup". Kota Cimahi ini mempunyai 3 kecamatan dan 15 kelurahan sejak ditetapkan sebagai kota otonom. Lalu, apa sih yang menarik dari kota Cimahi ini??


  Kota yang terletak di sebelah barat Kota Bandung ini mempunyai sektor ekonomi yang cukup aktif dan baik. Infrastruktur ekonomi dan kesempatan kerja juga semakin ditingkatkan supaya dapat melaksanakan sektor ekonomi yang dapat bersaing dengan daerah sekitarnya bahkan dengan daerah di seluruh Indonesia. Salah satu sektor ekonomi yang dimanfaatkan oleh Kota Cimahi adalah industri makanan olahan unggulan, seperti : bandrek Cihanjuang, kue semprong , dan ada juga jajanan yang dapat kalian jumpa di pinggir jalan yaitu peuyeum. Nah, semua makanan dan jajanan ini rata-rata pemasarannya sudah lintas negara. Wah hebat kan??


  Selain dari sektor pangan, potensi ekonomi yang dimiliki kota Cimahi lainnya adalah dari sektor tekstil dan garmen. Kota ini memiliki batik dengan bermacam-macam motif yang sangat diorientasikan pasar ekspor. Berbagai motif pun juga mulai diperkenalkan dan dilestarikan agar tidak punah. seperti motif Curug Cimahi, Pusdik, Kujang, Ciawitali dan Cireundeu. Nah, hal ini bertujuan supaya potensi Indonesia tetap lestari dan tidak punah diterpa jaman globalisasi ini.


  Selain sektor ekonomi, sektor pendidikan juga memegang peranan penting di kota ini. Terbukti dengan kualitas pendidikan yang kian ditingkatkan sehingga di kota Cimahi sudah banyak tumbuh lembaga pendidikan yang berkualitas, baik perguruan tinggi maupun pusat pendidikan untuk tentara. Kurang lebih ada 8 pusat pendidikan untuk tentara dan 16 perguruan tinggi di kota ini. Peningkatan pendidikan juga terjadi pada jenjang SMA. Tahun ini persentase kelulusan mencapai 100% dan pastinya lebih baik dari tahun sebelumnya.

  Potensi yang mengangkat kota Cimahi selanjutnya berasal dari sektor pariwisata. Cimahi mempunyai wisata yang sangat melimpah. Baik wisata alam maupun wisata sejarah. Beberapa contoh wisata alam adalah AWC (Alam Wisata Cimahi) dan Curug Cimahi.

  AWC (Alam Wisata Cimahi) terletak di Jalan Kolonel Masturi 157. Letaknya cukup landai karena di kaki perbukitan, pemandangan disana pastinya sangatlah indah. Banyak permainan menarik juga yang ditawarkan sembari menikmati pemandangan alam Cimahi yang tiada bandingnya. ATV, delman, kuda, jembatan gantung, kolam pemancingan dan masih banyak fasilitas menarik yang tersedia. Pastinya biayanya terjangkau dan tidak terlalu merogoh kocek. Cocok untuk kalian yang suka outbond nih..


  Di tempat wisata ini pula, diadakan tradisi adat yang masih dilestarikan yaitu adu domba. Beberapa waktu yang lalu, AWC mengadakan even adu domba untuk memperingati HUT Cimahi loo, mau tau sepertinya apa evennya? Ini dia videonya..

  Sumber : Youtube

  Yang tak kalah menariknya adalah Curug Cimahi. Curug ini adalah satu curug yang tertinggi di Cimahi dan memiliki keunikan yaitu debitnya selalu sama di musim penghujan ataupun musim kemarau. Wah, unik banget kan? Curug ini cocok dikunjungi bagi kalian yang suka kesejukan dan melepas kepenatan dari tugas harian teman-teman. Asik banget deh pokoknya !!


  Nah, setelah wisata alam, kita menuju ke wisata sejarah nih. Kalian tahu jalan Anyer-Panarukan kan? Pos penjagaan proyek tersebut ada di alun-alun Cimahi sekarang loo. Selain itu ada juga Stasiun Cimahi yang dibuat pada saat pembuatan rel kereta api. Bagi kalian yang suka berpergian dengan kereta, bisa nyoba lewat stasiun ini nih. Pastinya kalian bakal merasakan sensasi tersendiri dari aroma bersejarah.

  Para pemuda dari kota Cimahi juga selalu berpartisipasi dalam kegiatan Mojang Jajaka yang diadakan oleh Dinas Pariwisata Jawa Barat. Ajang ini merupakan regenerasi untuk mencetak generasi yang berkualitas dan memahami akar budayanya. Dengan adanya ajang ini, pemuda semakin tertarik untuk mempelajari budaya dari daerahnya masing-masing. Sangat inovatif sekali kan?


  Kampung Adat Cireundeu juga dapat menjadi opsi yang sangat menyenangkan. Di kampung ini masih mempertahankan adat dari daerahnya sehingga  masih memegang warisan dari para leluhur terdahulu. Terdapat tulisan Hanacaraka pada mulut desa tersebut yang mempunyai arti selamat datang. Nah, karena masih mempertahankan tradisi dan adatnya, kampung ini menjadi daya tarik wisatawan lo teman-teman. Jadi bagi teman-teman yang ingin melihat adat dari kota Cimahi, buruan kunjungi Kampung Adat Cireundeu yukk..


  Selain potensi tersebut, kota Cimahi mempunyai fasilitas yang memperhatikan kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat. Seperti adanya rumah sakit di kota ini, kira-kira sekitar 5 rumah sakit dan adanya 10 markas tentara untuk menjamin keamanan warga masyarakatnya. Dan selama 6 tahun terakhir, kota Cimahi juga mendapatkan puluhan prestasi, seperti : Inovasi Manajemen Perkotaan (IMP Awards) 2010 Sebagai Juara Pertama Dalam Kategori Bidang Sanitasi, Perkotaan Sub Bidang Pengelolaan Air Limbah; Penghargaan 10 CEO terbaik tahun 2010, dan masih banyak prestasi lainnya.

  Memang benar, kota Cimahi adalah kota sejuta potensi dari Indonesia. Kalian bisa merasakan sensasi budaya dan aspek lainnya yang luar biasa. So, tunggu apalagi? Bagi kalian yang ingin menghabiskan dan menikmati waktu liburan kalian, datang saja yukk ke kota Cimahi...

  Demikian postingan saya edisi "All About Cimahi"  kali ini, bila ada kata yang kurang sopan saya minta maaf dan bila ada lebihnya itu merupakan anugerah dari Yang Maha Kuasa. Tetap tumbuhkan potensi daerah kita ya teman-teman :D Terima kasih

"CIMAHI,
Saluyu Ngawangun Jati Mandiri"

2 komentar:

  1. Hi there, I discovered your site via Google at the same time as looking for a similar
    matter, your site came up, it seems to be great.
    I've bookmarked it in my google bookmarks.
    Hello there, simply become aware of your blog via Google, and located that it's really informative.
    I am going to be careful for brussels. I'll appreciate when you continue this in future. Numerous folks might be benefited out of your writing. Cheers!

    Here is my page Survival guide

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi guys :D
      Thanks you very much, your website very good too :D
      i proud of you :D
      Good luck yaa :D

      Hapus