Sabtu, 17 Januari 2015

"Google Docs", Olah Dokumen Kalian Secara Online dan GRATIS!!

  Hai hai semuanya, bagaimana kabarnya nih? Semoga baik-baik saja yaa. Nah, dalam postingan kali ini saya akan membahas tentang Google Docs yang serba guna nan gratis nih. Cocok untuk kalian yang lagi kerja atau menempuh pendidikan. So, check this out yaa..



  Membuat dokumen atau mengedit biasanya dilakukan di perangkat PC dan biasanya sudah disediakan perangkat office untuk membuat dokumen tersebut. Ketika kita ingin memindahkan dokumen tersebut ke perangkat lain, maka harus menggunakan flashdisk atau alat penyimpanan lainnya. Sungguh merepotkan, bukan? 

  Di era teknologi yang canggih ini, sudah bukan saatnya disibukkan dan direpotkan dengan colok-cabut flashdisk di laptop. Sudah banyak jasa cloud secara gratis bahkan lebih canggih dari aplikasi standarnya, salah satunya adalah Google Docs. Untuk menggunakan google docs pun terbilang mudah, kalian hanya perlu untuk mendaftarkan diri agar mempunyai akun google mail. Jangan ragu untuk mempunyai google mail, dengan gmail kalian bisa terkoneksi otomatis dengan Youtube, Blogger, dan masih banyak situs lainnya. Jadi kalian tidak perlu repot-repot lagi pindah situs dan memasukkan username serta password kalian lagi. Sangat efektif kan?

  Nah, setelah mempunyai gmail, kalian bisa mengunjungi situs google dan menuju ke menu "Dokumen" yang terletak di menu bagian atas setelah di klik. Setelah kalian klik, akan menuju ke halaman dashboard tempat semua dokumen yang sudah pernah kalian buat atau pernah kalian isi nih gaes.

Pilih bagian "dokumen" untuk ke Google Docs

Halaman Dashboard Google Docs

  Nah, dibagian menu yang terletak di kiri, kalian bisa memilih jenis dokumen apa yang ingin kalian buat. Bila ingin seperti Ms.word, kalian bisa memilih Docs. Bila ingin seperti Ms.Excel, kalian bisa memilih Sheet, dan apabila kalian ingin seperti powerpoint pilihlah Slides

  Untuk memulai membuat dokumen, kalian bisa memilih salah satu jenis dokumen dan klik di pojok kanan bawah tanda lingkaran yang tengahnya ada tanda "plus" atau tambah. Untuk Docs bewarna biru, untuk sheet bewarna hijau, dan untuk slides bewarna jingga.

Cara menambahkan dokumen baru

Gambar Google Slides


Gambar Google Docs

Gambar Google Sheet

Cara mengolah dokumen (Ganti nama - Hapus - Buka di tab baru)

  Google Docs ini bisa dikatakan sangat aman lo teman-teman, jadi apabila koneksi kalian tersendat, bisa juga dilakukan secara offline. Atau ketika tiba-tiba mati lampu, secara otomatis akan tersimpan di cloud kalian. Juga bisa dishare ke teman-teman kalian tanpa harus colok-cabut flashdisk yang resikonya juga besar, terutama virus. Jadi, bagaimana nih? Masih mau pakai cara yang konvensional? Atau mau beralih ke cara modern dan efektif menggunakan Google Docs? 

  Demikian postingan saya kali ini, apabila ada kata yang kurang sopan saya minta maaf dan bila ada lebihnya itu merupakan anugerah dari Yang Maha Kuasa, Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar