Rabu, 28 Januari 2015

Semangat ABG KREATIF Sebagai Resolusi Hijau untuk Indonesia

  Hai teman-teman, masih bersama Stanley Wijaya dalam blognya yaitu www.faktakita.com yang akan selalu menemani kalian di waktu dan kesempatan yang ada. Pada postingan ini, saya akan membahas tentang resolusi hijau tahun 2015. Berikut adalah resolusi hijau 2015 versi saya.


  Resolusi, sebuah kata yang sering kita dengar ketika memasuki awal tahun atau tahun yang baru. Resolusi seakan menjadi tujuan dan impian yang diidamkan serta didukung oleh percaya diri. Setiap orang dan lembaga pastilah membuat resolusi agar bisa lebih baik dari tahun sebelumnya, salah satu resolusi yang dapat kita lakukan adalah resolusi untuk membuat hijau bumi pertiwi ini. Kementrian Perhutanan dalam laman websitenya menyebutkan bahwa diantara tahun 1990 dan tahun 2005, Indonesia telah kehilangan 28 juta hektar hutan. Inilah yang membuat kita harus turun tangan dalam mencegah penebangan pohon di hutan secara liar, resolusi yang dapat kita lakukan adalah resolusi dengan semangat ABG KREATIF (Association, Blog, Goverment, dan kreatif)

-Association (Asosiasi atau Perkumpulan)
Resolusi hijau yang dapat kita lakukan adalah dengan membuat suatu perkumpulan. Dalam perkumpulan ini diagendakan untuk mengadakan aksi-aksi penghijauan hutan. Selain itu, asosiasi ini juga dapat merekrut masyarakat dan pecinta lingkungan hidup untuk turut ambil bagian dalam menyelamatkan bumi pertiwi agar tetap hijau dan asri. Wujud nyata dari perkumpulan ini dapat berupa acara Go Green untuk menanam pepohonan baik di daerah yang gersang maupun di tempat wisata supaya pemandangan alam tetap terjaga

-Blog
Potensi hutan di Indonesia dapat dikolaborasikan dengan kemajuan teknologi di era ini. Setiap daerah dapat membuat suatu blog untuk memberitahukan kepada masyarakat melalui internet. Dalam blog tersebut juga dapat memuat even-even yang menarik seperti penanaman pohon secara masal, maupun kegiatan lainnya yang merupakan wujud nyata dari penghijauan hutan. Selain itu, lembaga atau institusi juga dapat mengadakan even seperti lomba blog untuk mendukung resolusi hijau tersebut. Salah satu program yang sudah direalisasikan dari blog ini adalah dengan diadakannya The Nature Conservancy "Resolusi Hijau 2015" blog challenge. The Nature Conservancy Program Indonesia dalam laman webnya menyebutkan upayanya yaitu meningkatkan kesejahteraan Indonesia tanpa mengorbankan keberlanjutan alam bagi generasi saat ini dan mendatang dengan cara mendorong nilai penting alam, mempercepat transformasi di bidang konservasi dan pemanfaatan sumber daya alam secara berkelanjutan melalui serangkaian kegiatan pengelolaan kawasan lindung, konservasi spesies penting, dan pemberdayaan masyarakat. "Melindungi alam, melestarikan kehidupan" adalah hal yang ingin diwujudkan TNC. Hal ini yang harus dilakukan oleh pemerintah Indonesia agar dapat mempunyai upaya seperti The Nature Conservancy yaitu sesuai dengan tujuan bangsa Indonesia, meningkatan kesejahteraan bangsa Indonesia namun tetap memperhatikan keberlanjutan alam, sesuai dengan yang diutamakan TNC.



-Goverment (Pemerintah)
Selain masyarakat dan pecinta lingkungan hidup, pemerintah juga mempunyai peran penting dalam terwujudnya sebuah resolusi. Pemerintah harus membuat suatu acara untuk melakukan resolusi hijau, seperti penanaman pohon secara masal dengan masyarakat. Pemerintah juga dapat melakukan kampanye penyelamatan lingkungan dengan kebijakan pemerintah. Sebagai contoh, pemerintah kabupaten Magetan melakukan kampanye penyelamatan kawasan wisata bambu dengan membuat pakaian batik bambu yang bernama batik Sidomukti. Pakaian batik ini sesuai kebijakan harus dikenakan setiap hari jumat untuk semua dinas di Magetan dan juga sektor pendidikan baik pengajar maupun murid. Kampanye ini sangat mengundang perhatian dan membuat wisatawan tertarik dengan batik tersebut karena coraknya yang unik. Berbeda dengan batik lainnya dengan menggunakan printing, batik Sidomukti dibuat dengan tangan (handmade) sehingga kualitas pakaian yang dihasilkan pun mempunyai kualitas yang tinggi. Hal inilah yang harus diberdayakan di Indonesia untuk mengangkat potensi hutan dalam sebuah karya dengan bantuan kebijakan pemerintah.



-Kreatif
Generasi muda adalah generasi yang memiliki segudang ide. Dengan banyaknya permasalahan lingkungam, itulah tantangan generasi muda yang harus segera dijawab. Seiringan dengan majunya teknologi, berbagai alat pun juga dapat dibuat untuk menjawab tantangan dari masalah lingkungan tersebut. Sebagai contoh di kabupaten Magetan, saya dan teman saya ingin mewujudkan resolusi hijau 2015 dengan berusaha membangun aplikasi Bank Sampah Online (G-Trash) berbasis android untuk mengoptimalkan keberadaan bank sampah di kabupaten Magetan. Bank sampah seharusnya juga berada di keramaian agar masyarakat dapat menukarkan sampah plastik (botol minuman) dengan souvenir cantik karya kabupaten Magetan sesuai dengan poin yang didapatkan. Selain itu, aplikasi ini juga terintegrasi dengan game sehingga dapat menarik minat anak-anak dalam kampanye "Sarangan Bersih" maupun "Hijaunya Magetanku". Setiap level yang dicapai akan mendapat poin yang juga dapat ditukar dengan souvenir.

Homescreen Aplikasi G-TRASH

Pop-Up Aplikasi

Menu awal Aplikasi
Game Run&Run Aplikasi G-TRASH
Saat Game Over

  Lingkungan hidup merupakan tanggung jawab kita sebagai manusia yang tinggal didalamnya. Hendaknya kita berusaha untuk membuat lingkungan hidup kita tetap lestari demi anak-cucu kita agar tidak tersisa sebuah penderitaan. Mari kita hijaukan bumi pertiwi kita dengan Resolusi Hijau 2015 dan melalui The Nature Conservancy.

  Demikian postingan saya, apabila ada kata yang salah saya minta maaf dan apabila ada lebihnya itu merupakan anugerah dari Yang Maha Kuasa. Terima kasih.

"Kami bekerja dengan Anda untuk menciptakan efek positif di lebih 35 negara,
termasuk di tanah air kita"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar