Sabtu, 24 Maret 2012

Komunitas Penuntun Prestasi

  Hai teman, masih bersama Stanley Wijaya yang selalu setia menemani kalian semua dalam website kesayangannya yaitu www.faktakita.com dan dalam postingan kali ini saya akan membahas tentang "Aku dan Komunitas" dan pengaruh positifnya.


  Komunitas adalah suatu perkumpulan dimana para anggotanya mempunyai tujuan yang sama untuk mencapai suatu kesuksesan dan kejayaan. Bila kita melihat sepintas, banyak sekali bermunculan komunitas-komunitas yang mewarnai era ini. Salah satunya di kota Magetan. Kota yang terletak di Jawa Timur ini, mempunyai suatu komunitas blog yang diakui oleh masyarakat sekitar, siswa, sekolah, bahkan pemerintah kota Magetan sekalipun.

  KOBAMATA, namanya. KOBAMATA atau Komunitas Blogger SMASA Magetan adalah komunitas yang didirikan oleh anak didik SMAN 1 Magetan, untuk menghasilkan para blogger muda di kota ini. Komunitas ini mempunyai slogan "Write for a Change" yang artinya "Menulis untuk sebuah perubahan". Dengan berdirinya komunitas ini diharapkan semua blogger muda mau menulis, menulis, dan terus menulis sehingga dapat menghasilkan suatu perubahan dalam dirinya.


Hanya sebuah slogan???
Jawabannya "TIDAK"

  Komunitas yang masih terbilang muda ini banyak menghasilkan prestasi yang mengharumkan nama besar SMAN 1 Magetan. Di tahun 2012, KOBAMATA berhasil merebut 3 kemenangan dari 2 lomba yang diadakan oleh komunitas-komunitas yang mau mengajak blogger muda untuk terus berkarya.

  Yang pertama adalah lomba yang diadakan oleh Blogdetik. Stanley Wijaya (saya sendiri) berhasil membawa KOBAMATA merebut juara 1 di kategori "Pelajar" lewat artikel Ekspresi Menuju Perubahan, dan kemenangan itu berkat dukungan dari seluruh anggota komunitas ini. Bagaimana tidak? Awal masuk SMA, saya tidak tahu blog secara menyeluruh. Hanya tahu bagaimana posting blog dan memasang widget saja. Tetapi saya tertarik untuk masuk ke komunitas ini, karena saya ingin terus berjuang di dunia maya ini sehingga bisa mengharumkan nama komunitas saya, terlebih bisa mengharumkan nama SMA Negeri 1 Magetan ini. Seluruh anggota mau untuk saling bertukar pikiran secara aktif, bahkan mau untuk mengajarkan ilmu pada anggota lainnya.


  Kemudian lomba yang kedua. Lomba yang satu ini diadakan oleh Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Universitas yang terletak di "Kota Reog" ini berperan aktif dalam menumbuhkan blogger muda di kota sekitarnya. Tanggal 25 Februari 2012, Universitas ini mengadakan lomba olimpiade TIK dan Presentasi Blog Teknologi Untuk Masa Depan Kota Ponorogo. Teman saya yang juga anggota KOBAMATA, berhasil memenangkan juara 1 pada lomba olimpiade TIK dan juara 2 pada lomba presentasi tersebut. Mereka berdua memang sangat mendominasi jalannya lomba tersebut sehingga mereka berdua pantas mendapatkan piala kemenangan tersebut. 



  Komunitas ini memang sudah diakui oleh lembaga sekolah, karena anak didik yang tergabung di komunitas KOBAMATA selalu memberikan ide kreatif ketika kegiatan belajar-mengajar berlangsung. Komunitas ini juga selalu mengadakan kopdar setelah ibadah Sholat Jum'at dan hal itu rutin dilakukan untuk membina para blogger muda. Kopdar ini biasanya membahas tentang lomba-lomba blog, editing video ataupun foto, saling share tentang masalah blog yang sekarang di hadapi, dan lain sebagainya. Di harapkan dengan kopdar ini, setiap anggota menjalin relasi yang baik sehingga menjadikan komunitas ini semakin kokoh dan kompak di setiap langkahnya. Baru saja, tepatnya tanggal 23 Maret 2012 komunitas ini mengadakan kopdar yang bertempat di Gazebo SMAN 1 Magetan. Walaupun pada hari tersebut diliburkan karena Hari Raya Nyepi, anggota KOBAMATA tetap bersemangat untuk mengadakan kopdar tersebut.

Berikut foto tentang Kopdar yang diadakan tanggal 23 Maret 2012 :






KOBAMATA !!
"Write for a Change"

Semoga komunitas blog di kota lainnya banyak bermunculan sehingga setiap komunitas dapat mengadakan kopdar bersama untuk menjalin relasi dengan blogger di kota lainnya.
Sekian postingan kali ini, bila ada kata yang salah saya minta maaf.
Bila ada lebihnya itu merupakan anugerah dari Yang Maha Kuasa.
Terima Kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar