Kamis, 31 Januari 2013

Hebatnya Kombinasi Edukasi dengan Blog

  Hai teman-teman, masih bersama Stanley Wijaya dalam website kesayangannya yaitu www.faktakita.com yang akan selalu menemani kalian di waktu dan kesempatan yang ada. Bagaimana kabarnya? Semoga baik-baik saja yaa. Nah dalam postingan kali ini saya akan membahas tentang perpaduan menarik antara edukasi atau yang sering kita kenal dengan pendidikan bila dikombinasikan dengan blog di dunia maya. Mau tau ceritanya? So, check this out yaa..

  Edukasi atau pendidikan adalah suatu bidang yang pastinya sedang kita jalani saat ini. Banyak sekali pendidikan yang timbul di kehidupan sekitar kita. Mulai dari pendidikan karakter, pendidikan formal ataupun pendidikan informal. Pendidikan karakter sering kita dapatkan di sekitar kita, mulai cara memecahkan masalah bahkan sampai cara mengatasinya. Pendidikan formal juga pastinya kita dapatkan di lembaga pendidikan yaitu sekolah. Pendidikan informal timbul di keluarga, ataupun di kehidupan bermasyarakat. Nah, dalam postingan kali ini saya akan membahas tentang guna blog di pendidikan formal.

Pendidikan formal sudah tidak asing di telinga kita, bahkan setiap hari seorang pelajar selalu bepergian ke sekolah untuk menuntut ilmu. Banyak yang bisa kita dapatkan di sekolah, mulai dari pelajaran yang formal meliputi IPA dan IPS serta pelajaran psikologis pada pelajaran Bimbingan Konseling. Nah, sebenarnya apa sih gunanya blog di kehidupan kegiatan belajar mengajar?

-          Sebagai Sumber Referensi
Banyak sekali tugas dari sekolah yang mewajibkan siswanya untuk mencari sumber ilmu lainnya selain pada buku yang disediakan sekolah. Dahulu, siswa harus mengunjungi perpustakaan dan mencari secara manual tentang informasi yang ingin mereka dapatkan. Namun sekarang, siswa bisa mencari informasi tersebut pada dunia maya. Mereka hanya menyalakan koneksi internet dan browsing pada search engine. Banyak blog yang menyediakan informasi tersebut, sehingga pekerjaan itu pun lebih efektif dan efisien. Nah, mudah kan? Apakah hal ini sudah kalian coba?

-          Sumber Pembelajaran
Sebagai pelajar, pastinya banyak hal yang ingin diketahui secara detail. Informasi yang kurang lengkap pun juga sering ditemui pada buku yang disediakan sekolah. Maka dari itu, sebagai seorang pelajar kita harus berkreatif dan berinovasi untuk mencarinya pada perpustakaan online yaitu dunia maya. Di dunia maya, kita bisa mempelajar apapun yang kita ingin ketahui. Sebagai contoh, seorang siswa ingin mempelajari tentang mata pelajaran kimia karena bahasa di buku paketnya kurang bisa ia pahami, dengan mencari blog yang menyediakan informasi pelajaran kimia, ia bisa belajar lewat media tersebut. Tak hanya itu, siswa yang belum tau apa-apa pun bisa mengetahui informasi yang membuatnya menjadi tahu. Namun perlu diwaspadai, bahwa banyak pula informasi yang tidak bisa dipertanggung jawabkan atau hanya untuk kepentingan pribadi semata (hoax). Maka dari itu, selalu waspada yaa!!

-          Membuat Siswa Semakin Hobi Menulis
Kecanggihan dunia maya juga mendorong siswa untuk rajin menulis. Beberapa sekolah dan perguruan tinggi bahkan mewajibkan siswanya untuk mempunyai blog. Sebenarnya, apa sih tujuannya? Dengan mempunyai blog, diharapkan siswa mau berusaha untuk menulis dan mendokumentasikan kisah hidupnya. Dengan menulsi pula, kosa kata yang dimiliki siswa dan daya imajinasi menjadi meningkat. Kreatifitas dan inovasi pun juga tertuang dalam tulisan mereka. Jadi, peran blog diantara kehidupan siswa ini bila kita sadari sangat besar manfaatnya lo.

-          Membasmi “Gagap Teknologi”
Banyaknya kegunaan dari blog membuat pihak lembaga pendidikan memperkenalkan internet melalui belajar nge-blog pada siswanya. Yap, hal ini bertujuan untuk mempersiapkan siswa yang siap terjun pada dunia global. Bayangkan saja bila seorang siswa yang tidak bisa browsing harus terjun pada dunia persaingan yang mewajibkan ia menggunakan internet sebaik mungkin. Pastinya akan ada kesulitan yang dihadapi siswa tersebut. Maka dari itu, pelajar dipersiapkan untuk bersaing di dunia global.

-          Mendekatkan Guru dengan Siswanya
Kecanggihan teknologi dengan adanya dunia blog membuat guru lebih mudah dalam menilai muridnya. Apalagi dengan adanya email dan jasa penyedia blog gratis, hal ini memudahkan guru dalam melakukan proses penilaian. Adanya blog juga membuat siswa lebih bersikap terbuka dalam menulis, guru pun juga bisa lebih dekat dengan memberikan komentar pada blog muridnya tersebut. Nah, sangat mudah kan? Apakah hal ini sudah diterapkan di sekolah kalian?

-          Sebagai Ajang Prestasi
Tak perlu diragukan lagi akan kecanggihan teknologi, sekarang lomba pun bisa diadakan secara online sehingga sangatlah praktis. Banyak sekali badan lembaga ataupun perusahaan yang mengadakan lomba blog baik melalui artikel maupun SEO pada search engine. Sehingga pelajar pun juga turut ambil bagian dalam lomba tersebut untuk mencari prestasi demi membanggakan nama pribadi, keluarga, sekolah dan masyarakat. Bahkan, penyelisihan olimpiade pun juga diadakan secara online loo.. wah, hebat banget kan? Jadi kita tidak perlu datang ke tempat penyelisihan yang jauh dan menghabiskan banyak sekali uang. Dengan menyalakan koneksi internet saja, kita sudah bisa melakukannya.

  Mungkin saya bisa memberikan salah satu bukti bahwa blog bisa membantu prestasi siswa dalam dunia pendidikan. Salah satunya ada di SMA Negeri 1 Magetan. 


Sekolah ini adalah sekolah berbasi IT sehingga semua siswanya tidak “gagap teknologi” dan sudah peka terhadap perkembangan teknologi. Sekolah ini pula sering mengikuti lomba blog yang diadakan oleh lembaga-lembaga atau perusahaan, baik di kabupaten maupun skala nasional. Berbagai penghargaan pun juga membuktikan bahwa sekolah ini berperan dalam perkembangan teknologi anak didiknya. Banyak pula penghargaan yang didapatkan anak didiknya dalam mengikuti lomba blog tersebut.


Juara I dan II Lomba Blog Tingkat Kabupaten


SMA Negeri 1 Magetan memberikan 2 wakilnya dalam perlombaan blog yang diadakan di dinas perhubungan, komunikasi dan informasi kabupaten Magetan. Dalam perlombaan ini, mereka harus membuat artikel dan desain blog yang bertemakan mengumandangkan kota Magetan. Persaingan pun juga muncul dari sekolah lain yang mengikuti kompetisi ini. Berkat pendidikan dasar tentang blog yang diberikan pada siswanya tersebut, dua wakil dari SMA Negeri 1 Magetan ini juga mendapat 2 posisi teratas dalam perlombaan tersebut. Give applause!! *prokk prokk prokk*

Juara I Lomba Esai Tingkat Provinsi


Perlombaan ini diadakan secara online. Dalam perlombaan ini, pendaftaran dan penyelisihan dilakukan secara online. Peserta harus mengirimkan naskah esainya melalui email yang sudah disediakan oleh panitia. Lomba ini, dimenangkan oleh wakil dari SMA Negeri 1 Magetan yang mempunyai esai bertemakan teknologi. Yap, dengan berucap syukur akhirnya SMASA bisa mengambil posisi pada tingkat provinsi.

AFS/YES Exchange Student


Program ini diadakan oleh badan pertukaran pelajar di Indonesia. SMA Negeri 1 Magetan mengirimkan salah satu wakilnya ke Amerika untuk belajar selama satu tahun. Siswi yang beruntung ini adalah Intan Mawaridhatul Ulla. Ia mengikuti tes dan belajar tentang materi tesnya juga berkat bantuan blog dalam dunia maya. Wah, yang pasti SMA ini telah melahirkan banyak bibit unggul untuk masa depan yang bermakna..

  Nah, sekian dulu postingan dari saya yaa. Bila ada kata yang kurang sopan saya minta maaf. Dan bila ada lebihnya itu merupakan anugerah dari Yang Maha Kuasa. Terima kasih.

14 komentar:

  1. Wah, bagus dek artikelnya :)
    Selalu semangat !!! Selalu bawa nama baik sekolah yaa!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak, siap :D
      terima kasih motivasinya ya kak..

      Hapus
  2. Sebagai siswa SMASA, saya bangga :)

    BalasHapus
  3. Kombinas pramuka dengan blog kayanya juga asik deh gan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, harus dicoba tuh. Bisa ngeblog dengan memunculkan desain pramuka juga bisa :D

      Hapus
  4. Peran blog emang bener-bener penting ya..
    keep blogging..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya dong, tanpa blog/website, dunia maya ga ada isinya loo :D

      Hapus
  5. Wah, kegunaan blog di dunia pendidikan memang bisa sangat membantu yaa..
    yang pasti dengan ngeblog, juga bisa tau karakter siswanya tuh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, bener juga kak. Kalo tulisannya terlalu kaku, mungkin siswanya kurang supel.
      Hehe, bener kan?

      Hapus
  6. Show up blogger, visit and keep visit my blog too, at sinatriadan.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke siap gan, terima kasih komentarnya ya gan :D

      Hapus
  7. Blog selalu ada kalo ada blogger, salut deh buat blogger semuanya!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, tepuk salut !! :D
      salut salut, salut salut, SALUT !!!

      Hapus