Kamis, 01 Agustus 2013

Blog, Media Informasi Penunjang Generasi

  Hai teman, masih bersama Stanley Wijaya yang akan selalu menemani kalian di waktu dan kesempatan yang ada. Bagaimana hari kalian nih? Semoga selalu menyenangkan yaa.. Nah dalam postingan kali ini saya akan membahas tentang salah satu fungsi blog yaitu blog sebagai media informasi. So, check this out yaa..

sumber gambar : google

  Internet adalah salah satu bentuk kemajuan teknologi di dunia ini. Dengan adanya internet, semua pekerjaan manusia dapat menjadi mudah. Informasi adalah sesuatu yang sangat dibutuhkan manusia. Tanpa informasi, manusia tidak akan berkembang dan maju. Dengan adanya blog, pastinya informasi lebih tersampaikan dengan cepat. Informasi sangat berguna bagi kehidupan manusia di segala bidang (pemerintahan, dinas, ataupun kehidupan sehari-hari)

  Banyak pula kegunaan dari informasi yang kita peroleh, mulai dari bidang pendidikan, sampai kehidupan kita sehari-hari. Nah, saya akan menjelaskan beberapa pentingnya internet di dalam kehidupan.

1. Informasi Sebagai Pelengkap Edukasi
Bidang edukasi adalah bidang pembentuk generasi bangsa. Maka dari itu edukasi atau pendidikan merupakan unsur penting dalam membentuk mereka. Salah satu lembaga pembentuk dan penyalur edukasi adalah sekolah. Di sekolah banyak ilmu yang kita dapatkan, banyak pula pelajaran yang kita pelajari. Dari semua itu, pastinya guru maupun murid membutuhkan bahan pembelajaran. Bahan itu diambil dari buku paket ataupun buku belajar lainnya, ada kalanya buku tersebut tidak lengkap dan masih kurang. Maka dari itu, kita bisa mencari informasi lainnya di internet dalam media blog.

2. Informasi Sebagai pemberi wawasan
Di belahan dunia lain, banyak sekali hal yang belum kita ketahui. Banyak sekali informasi yang masih menjadi misteri di selubung dunia ini. Pada era terdahulu, kita harus menjelajahi dunia untuk membongkar misteri tersebut secara langsung. Namun pada era ini, kita bisa saja hanya membuka internet dan duduk di depan laptop ataupun komputer. Dengan itu kita bisa mendapatkan informasi yang tersedia dari para blogger yang memberikan info di dalam blognya. Sangat efektif dan efisien sekali, bukan?

3. Informasi Sebagai Pembangkit Semangat


  Seperti contohnya di Magetan, kota Magetan berhasil mengirimkan 2 generasi dalam 1 tahun untuk mengenyam pendidikan di Australia. Mereka semua berasal dari SMAN 1 Magetan. Nah, hal ini menjadi peranan blog dalam memberikan informasi kepada masyarakat luas bahwa kota Magetan dapat mengirimkan pertukaran pelajar. Diharapkan dari informasi yang tersebar ini, sekolah di sekitarnya dan di Indonesia semakin dapat terpacu untuk meningkatkan lebih jauh pendidikan di lembaganya masing-masing.

  Hal ini juga bisa diambil sebagai motivasi, bahwa tidak ada sesuatu yang tidak mungkin. Selama kita mau berusaha dan berdoa, pastilah tidak ada sesuatu yang tidak bisa kita dapatkan.

4. Informasi Sebagai Ajang Komunikasi
Informasi tidak hanya di simpan dan diketahui oleh satu orang. Maka dari itu, informasi yang diketahui dan masih dipertanyakan bisa dirundingkan oleh orang-orang untuk menemukan suatu fakta. Informasi tersebut bisa menjadi komunikasi bagi kita untuk meraih suatu mufakat dan kebenaran. Informasi yang sudah valid, bisa menjadi inspirasi bagi orang yang dapat memanfaatkan kesempatan itu.

  Seperti yang saya alami beberapa waktu lalu waktu pertukaran pelajar ke Australia. Saya diberi tugas dan dihadapkan pada suatu permasalahan yang harus dipecahkan. Dan, kelompok saya diberi waktu untuk memecahkan hal tersebut. Nah, peran informasi sebagai ajang komunikasi sudah terbukti dalam kegiatan ini.


  Nah, itu tadi adalah 3 contoh dari peranan informasi dalam kehidupan kita. Masih banyak peranan lainnya yang tidak bisa disebutkan satu persatu, maka dari itu kita harus memanfaatkan blog sebagai media informasi kita.

  Demikian postingan kali ini, bila ada kata yang kurang sopan saya minta maaf. Dan bila ada lebihnya itu merupakan anugerah dari Yang Maha Kuasa. Terima kasih.

“Mari Manfaatkan Informasi dari Blog”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar