Senin, 25 Juni 2012

Komunitas Blogger Magetan? Kenapa Tidak?

  Hai teman, masih bersama Stanley Wijaya nih dalam blog kesayangannya yaitu www.faktakita.com yang akan selalu menemani kalian semua di waktu dan kesempatan yang ada. Wah, bagaimana kabarnya nih? Semoga baik saja ya. Oh ya, sekarang kota Magetan mempunyai rencana untuk membentuk Komunitas Blogger di kota Magetan loo. Mau tau kelanjutannya? Check this out yaa..

 
  Membentuk Komunitas Blogger di kota Magetan, mungkin itu adalah program kerja yang sedang dijalani DISHUBKOMINFO kota Magetan saat ini. Magetan adalah salah satu kota yang mempunyai potensi wisata yang sangat besar di Indonesia. Nah, sebesar apapun potensi tersebut jika tidak ada backlink atau feedback dari para pendatang berupa promosi maka potensi itu pun lama kelamaan akan musnah.

  Salah satu media untuk promosi adalah lewat internet. Berbagai macam promosi ada di internet, mulai dari banner, slogan, bahkan membuat blog ataupun website yang menampung informasi dari objek-objek tersebut. Akhir-akhir ini, cara promosi lewat bloglah yang sedang gencar-gencarnya diadakan.

  Promosi lewat blog adalah aplikasi yang sangat efektif. Blog memuat segala informasi yang kita butuhkan dan seluruh orang di dunia ini pasti akan tahu apa yang dimuat di dalam blog tersebut. Jika kita mencoba untuk memuat kota Magetan dengan segala objek wisatanya, pastilah kota ini akan menjadi ramai pengunjung dan pastinya menjadi tempat wisata nomor satu pilihan wisatawan. 

  Sebenarnya sudah ada komunitas blogger di Magetan, hanya saja lingkupnya masih kecil sekali yaitu sekolah. KOBAMATA, namanya. Komunitas Blogger SMASA Magetan ini sering "menyabet" banyak prestasi, mulai dari tingkat kabupaten bahkan sampai tingkat nasional sekalipun. Walau komunitas ini skalanya kecil, namun komunitas ini sudah diakui sampai tingkat nasional. 


  Bagaimana jika skalanya diperbesar? Dari skala sekolah menuju skala kota Magetan yang dipenuhi oleh para blogger? Pastinya Magetan akan lebih mudah menembus persaingan objek wisata lainnya. Dimana objek wisata lain sudah mulai kehilangan kealamiahannya, Magetan masih menyimpan banyak potensi besar yang siap di promosikan. Hal ini akan semakin menarik para wisatawan, baik domestik maupun mancanegara sekalipun.


  Apabila kita memuat informasi tentang Magetan dan mempromosikannya lewat blog, informasi tersebut pastinya akan masuk ke dalam "Search Engine". Kemudian para penjelajah dunia maya yang sedang bingung menentukan lokasi untuk menikmati liburannya, akan menuliskan keyword. Jika Magetan mempunyai backlink yang kuat pastinya akan masuk nominasi dari pencarian tersebut. Backlink yang kuat itu didapatkan  bukan hanya dari satu blog saja, melainkan dari banyak blog. Maka dari itu, Magetan butuh komunitas blogger untuk menunjang wisata di kota M.I.T.R.A ini.


sumber : google.com

Sebenarnya ada beberapa cara untuk membentuk Komunitas Blogger di kota Magetan ini :
  1. Memberikan sosialiasi bahwa nge-blog itu adalah kegiatan yang asik dan berguna.
  2. Mengadakan lomba blog, seperti yang diadakan DISHUBKOMINFO sekarang.
  3. Mengadakan sarasehan atau kegiatan lainnya untuk bertukar pikiran dan pengalaman.
  4. Mengundang tokoh yang sukses dalam membina blog.
  5. Rutin mengadakan KOPDAR (bertemu bersama) setiap bulan, bahkan setiap minggu.
  6. Jangan ragu-ragu untuk mengeluarkan biaya bagi para blogger, kota Magetan ini lebih berharga daripada uang.
  7. Memberikan motivasi kepada para blogger agar terus menulis.
  8. Buat kontes, polling, ataupun kuis.
  9. Belajar dari komunitas blog yang lain terutama yang sudah solid.
  10. Perlunya bimbingan dari pemerintah.
Bagi para blogger kalau masih kebingungan cari inspirasi untuk artikel, kalian bisa ikuti tips ini :

  1. Buat blog kalian unik dengan kepribadian kalian. Jangan ikuti ciri khas blog lain, karena akan membuat pembaca tidak suka dengan anda.
  2. Cari inspirasi kalian dengan cara apapun, kalau saya sih cari inspirasi dengan pergi ke kamar mandi dahulu. Karena disanalah inspirasi saya mengalir tanpa henti.
  3. Ikuti lomba blog untuk cari pengalaman, bukan untuk menjadi pemenang.
  4. Kita bisa mengambil ide tulisan di sekitar kita menjadi suatu postingan yang unik. Contohnya, kita bisa menghitung berapa banya tempat sampah di sekolah atau lingkungan kita dan kemudian kita kaitkan apabila di dunia ini tidak ada tempat sampah pasti akan terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Masih menganggap poin ke-4 ini "ide gila"? Saya sudah melakukannya untuk kalian, baca nih >> Jumlah Tempat Sampah di SMASA Magetan
  5. Jangan pernah nilai tulisan kita itu "jelek", semua orang pasti menganggap bahwa orang lain lebih baik. Coba anggap dirimu lebih baik dari mereka, namun tetap rendah hati.
  Mungkin itu yang dapat sampaikan. Semoga kota Magetan dapat segera membentuk komunitas blog yang lebih solid dari komunitas yang lainnya. Keep Blogging :D

11 komentar:

  1. Itu beneran ngitung tempat sampahnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya dong :D
      Cuma 70 aja, kalo ada niat pasti ada jalan ,..

      Hapus
    2. Super banget blogger yang satu ini :D
      Semangat kak ^^

      Hapus
    3. Terima kasih ^^
      hehehe...

      Hapus
  2. saya bukan orang magetan tapi punya blog tentang magetan.. apa bisa bergabung di komunitas bloger magetan?? lalu bagaimana caranya??
    ini blog saya http://bentengmagetan.wordpress.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin agak sulit yaa, namun ditingkatkan saja kalau punya artikel tentang Magetan.
      soalnya komunitas disini juga belum produktif dan aktif

      Hapus
  3. Mari kita tingkatkan kesadaran betapa pentingnya blog sebagai media promosi dan informasi seputar magetan, bertujuan guna sbgi daya tarik thd turis mancanegara dan lokal, klo kota ini ramai pengunjung agar berdampak positive

    BalasHapus
    Balasan
    1. yap, Indonesia harus segera sadar bahwa blog bisa membawa pengaruh yang sangat besar untuk omset pariwisatanya. Bahkan kalau optimal, bisa mengalahkan pesaing wisata dari negara lainnya :D

      Hapus
  4. ane ikut gabung gan www.dualoker.com
    mohon bimbngannya ?

    BalasHapus