Minggu, 01 Juli 2012

Maju Teknologi, Maju Indonesiaku !!

  Hai teman, masih bersama Stanley Wijaya dalam website kesayangannya yaitu www.faktakita.com yang akan selalu menemani kalian di waktu dan kesempatan yang ada. Bagaimana kabarnya nih? Semoga baik-baik saja ya. Nah, dalam postingan kali ini saya akan share kepada teman-teman semua tentang teknologi yang semakin maju dan peranan saya sebagai blogger. Mau tau ceritanya? Check this out yaa..


  Teknologi adalah hal yang pokok di era ini. Banyak orang beranggapan, jika mereka menguasai teknologi maka akan dengan mudahnya memasuki persaingan global. Ya, hal itu memang wajar karena semakin lama teknologi di dunia ini juga semakin maju. Dari pemakaian kertas sebagai tempat menulis, sampai komputer dan laptop yang sekarang sudah hampir dirasakan seluruh dunia.

   Teknologi pun sudah mulai diterapkan di setiap aspek kehidupan. Pemakaian teknologi diharapkan dapat meringankan pekerjaan manusia dan menciptakan suatu prestise dalam kehidupan, mulai dari bidang pendidikan, ekonomi, sosial budaya, dan masih banyak yang lainnya.

Berikut beberapa contoh teknologi berupa gadget yang sudah dipakai oleh manusia :

  • Laptop

  Laptop adalah teknologi modern masa kini. Mungkin komputer kurang praktis di bawa kemana-mana sehingga manusia mulai menciptakan gadget yang satu ini. Batere yang tahan lama sudah mulai muncul melengkapi laptop masa kini.
  • Hand Phone

  Hand Phone atau nama lain dari telepon genggam adalah kebutuhan pokok remaja masa kini. Piranti yang bisa dibawa kemana-mana dan dilengkapi oleh perdana yang mempunyai banyak program semakin membuat semua orang tergiur. Apalagi aplikasi yang sudah ada di dalam HP semakin membuat gadget yang satu ini unggul di bidangnya.
  • Flashdisk


  Susah menyimpan file lewat disket ataupun RAM yang tidak bisa di bawa kemana-mana? Perangkat output ini sudah umum di kalangan masyarakat karena keefektifan dan keefisienannya loo. Apalagi alat ini bisa disimpan di saku, dompet, tas, dan lain sebagainya. Bentuknya yang unik pun juga sering menarik hati para konsumen. Saya rasa hampir setiap remaja pasti mempunyai alat yang satu ini.

  Internet adalah salah satu bentuk dari perkembangan teknologi. Semua yang berkaitan dengan teknologi pasti ada di sana. Mulai dari informasi, cara pembuatan, bahkan sampai pembelian pun ada disana. Berikut perkembangan teknologi yang sudah marak di internet :
  • Belanja Online (E-bay , kaskus, dan situs lainnya)


  Adalah website yang digunakan untuk keperluan belanja online. Banyak situs baru yang mulai bermunculan untuk memudahkan manusia dalam memenuhi kebutuhannya. Pastinya kualitas bagus dan harga terjangkau, itu semua tergantung kita dalam pintar-pintar memilih.
  • Jejaring Sosial (Facebook, Twitter, Hello)



  Mungkin teman-teman sudah tidak asing dengan teknologi tersebut. Dimana teknologi ini menghubungkan relasi manusia yang saling berjauhan agar bisa menjadi dekat atau kenal sekalipun. Situs ini juga kadang dipakai oleh pedagang online untuk menawarkan dagangannya.

  • Search Engine (Google, Yahoo, dan situs lainnya)


  Search Engine adalah website yang dikembangkan untuk keperluan mencari informasi yang disediakan. Di situs tersebut, kita bisa menambah pengetahuan kita dan sekaligus dapat menjadi referensi dalam mengerjakan tugas sekolah atau pekerjaan dari atasan anda.


  Teknologi adalah salah satu hal yang tak pernah surut, perkembangan teknologi yang pesat membuat banyak dampak positif dan negatif yang terjadi di kalangan pemakainya.

Berikut adalah dampak positif penggunaan teknologi :

  1. Dapat menjadi sumber informasi dan cara menyelesaikan suatu masalah
  2. Mendekatkan dan melicinkan suatu relasi jarak jauh agar menjadi dekat
  3. Memudahkan manusia dalam membeli kebutuhan hidupnya
  4. Sarana promosi bagi agen wisata ataupun potensi wisata yang ada di suatu negara
  5. Sumber referensi yang efektif dan efisien, dan masih banyak dampak positif yang lain.
  Bukan dampak positif saja, mereka yang tak bertanggung jawab pastinya semakin memperbesar dampak negatif yang ada :
  1. Banyaknya hacker yang membajak akun-akun untuk kepentingan pribadinya
  2. Situs yang tidak layak dibuka untuk anak dibawah umur membuat moral bangsa Indonesia semakin rusak
  3. Jejaring sosial yang membuat relasi jauh menjadi dekat, juga membuat relasi yang dekat semakin jauh. Contoh : adik dan kakak yang saling berkomentar di jejaring sosial untuk membahas suatu masalah.
  4. Penipuan yang terjadi saat belanja online
  5. Adanya plagiat atau ajang copy-paste tanpa ijin, dan masih banyak dampak negatif lainnya.
Walau banyak dampak negatif yang menghantui, kita bisa kok memanfaatkan teknologi itu untuk memberi kebaikan pada masyarakat bahkan pada negara Indonesia ini :
  1. Memuat informasi yang bermanfaat dan tidak menyalahi aturan
  2. Selalu memfilter teknologi yang ada agar tidak meracuni moral
  3. Membuat promosi tentang potensi wisata yang ada di Indonesia, sehingga banyak turis domestik bahkan mancanegara yang tertarik untuk menghabiskan liburannya di negara ini.
  4. Membuat komunitas anti pornografi dan merealisasikannya di internet dan kehidupannya.
  5. Menjual barang di situs online dengan jujur apa adanya, baik dari kualitas dan mutu barang.

  Teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa dipungkiri lagi. Saya pun setuju akan hal itu karena saya sebagai blogger juga tidak akan bisa jauh dari teknologi. Komputer, internet, dan perangkat lainnya adalah kebutuhan seorang blogger. Apalagi di era ini, kita dapat bertukar atau mencari informasi di suatu halaman yang disebut blog.

   Blog, ya itulah sebutannya. Blog adalah salah satu bagian dari media elektronik yang digunakan oleh banyak pihak, baik pribadi maupun oleh organisasi atau perusahaan sekalipun. Pemanfaatan blog ini juga beragam, seperti :  menuliskan pengalaman, mengerjakan tugas sekolah, menimbulkan suatu perubahan dalam dirinya dan ada juga yang melakukan kegiatan promosi serta jual-beli di blog tersebut.

  Di Indonesia sudah banyak pula komunitas blog yang sadar akan hal ini. Mereka semua ingin membawa Indonesia maju lewat blog. Salah satu komunitas blog yang sudah besar dan banyak peminatnya adalah Komunitas Ngawur yang berada di Jawa Timur.


  Selain Komunitas Ngawur yang terletak di Jawa Timur, ada juga Komunitas Blogger Nusantara yang menjadi salah satu komunitas blog terbesar di Indonesia. Kedua komunitas tersebut adalah komunitas blog yang diperkuat oleh Pusat Teknologi yang juga adalah website atau blog paling update dalam perkembangan teknologi, baik software, hardware, maupun perangkat lainnya. 



  Bukan hanya dua komunitas blog saja, melainkan puluhan bahkan ratusan komunitas. Komunitas yang tidak kalah hebatnya adalah plat-m, Gempur Media, KOBAMATA, dan masih banyak yang lainnya. Wah, hebat banget ya Indonesia ini :D




  Teknologi yang maju akan membuat Indonesia ini semakin maju bila kita mau memanfaatkannya dengan sungguh-sungguh, itulah yang ingin disampaikan oleh komunitas blogger di negara ini. Apalagi Indonesia ini adalah negara yang kaya akan potensi bahari, kuliner, dan masih banyak yang lainnya. Pastinya sangat butuh promotor untuk mempromosikannya. Maka dari itu, peranan blogger sangat dibutuhkan.


  Saya sebagai blogger, selalu berusaha mencari potensi Indonesia yang masih terpendam agar segera ditemukan. Seringkali saya memuat tempat wisata dan kuliner pada setiap postingan yang ada. Di samping itu, saya juga mencari hal apa yang masih kurang agar pemerintah segera memperbaiki sarana dan prasarana yang ada. Berikut adalah hal-hal yang saya harapkan agar potensi di Indonesia semakin banyak peminatnya :

  • Adanya kerjasama antara pemerintah dengan blogger
  Pemerintah dan blogger bisa menjalin hubungan yang harmonis apabila ada kesepakatan untuk bersama membawa Indonesia maju. Blogger bisa menjadi tempat mempromosikan potensi di Indonesia dan bila ada sesuatu yang janggal ataupun butuh perbaikan, blogger bisa segera melaporkannya pada pemerintah.
  • Sensor Garis Parkir


  Parkir yang tidak teratur sering membuat kemacetan di jalan raya ataupun tempat umum lainnya. Semua itu disebabkan karena mobil yang parkir sembarangan maupun tidak sempurna. Diharapkan dengan adanya sensor garis parkir ini, setiap mobil yang parkir bisa berada di tempatnya secara tepat dan menggunakan lahan parkir secara bijaksana.
  • Pengisian Batere Laptop lewat Internet
  Mungkin hal ini masih terlihat "mustahil" bagi teman-teman, tapi apabila pemerintah mau berinvestasi untuk membuat suatu website penyedia pengisian batere online pastinya visitor dari website tersebut akan berlimpah ruah. Selain itu, nama Indonesia sebagai produsen akan terkenal di seluruh dunia berkat inovasi cemerlangnya.
  • Alarm Penanda Batas CO2
  CO2 atau karbondioksida adalah komponen dari atmosfer di dunia ini. Di setiap nafas kita, pasti membutuhkan karbondioksida walaupun itu sedikit. Namun, bagaimana bila karbondioksida melebihi batas normal? Pastinya manusia akan susah untuk bernafas dan parahnya dapat menyebabkan kematian. Maka dari itu, dengan adanya alarm ini masyarakat di Indonesia bisa menjaga alamnya dan pastinya menjaga hidupnya juga.
  • Mesin Digital untuk transaksi atau membeli tiket di daerah wisata


  Pemakaian karcis bekas, harga yang berbeda dengan karcis, kemacetan, pungutan liar dan korupsi adalah sedikit permasalahan di bidang wisata sekarang ini. Apalagi macet yang tidak bisa dihindarkan saat antre karcis membuat oknum-oknum yang tak bertanggungjawab memanfaatkan hal tersebut. Saya berharap dengan adanya mesin digital ini, tidak ada lagi oknum yang menyalahgunakan potensi wisata tersebut.

"Teknologi bisa jadi TEMAN,
untuk membawa Indonesia lebih maju !!"

Demikian postingan kali ini, jika ada kata yang kurang sopan saya minta maaf.
Bila ada lebihnya, itu merupakan anugerah dari Yang Maha Kuasa.
Terima Kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar