Jumat, 17 Agustus 2012

Dirgahayu ke-67, Desain Logo Selalu Sama?

  Hai hai, gimana kabarnya nih di HUT RI ke-67 ini? Hayoo, tadi pagi ikut upacara ngga? Hmm, di postingan kali ini Fakta Kita bakal sharing tentang desain logo yang dipakai Indonesia ini. Mau tau lebih lanjutnya? Check this out yaa..


  Logo adalah aplikasi yang digunakan untuk menggambarkan kesemarakan acara pada setiap even. Indonesia sudah menerapkannya setiap tahun, terutama pada logo HUT RI. Pada peringatan 17 Agustus tepatnya, logo yang digunakan dari tahun ke tahun selalu sama. Mulai dari desain tulisan, penempatan bendera, sampai font angka dan tulisan sekalipun.

  Slogan "Kemerdekaan Republik Indonesia" yang terletak di bawah angka pun tak pernah menjadi pertimbangan untuk diganti, selalu sama. Logo ini yang seharusnya menjadi logo kebanggaan Indonesia dan yang selalu ditunggu-tunggu malah menjadi sangat monoton dan hambar rasanya.


  Bisa kita bandingkan melalui gambar diatas. Di HUT ke-60 ada satu bendera kecil disampingnya, kemudian tahun selanjutnya ada 2 bendera, sampai dengan HUT ke-66 pun juga mempunyai 7 bendera kecil. Mungkin logo ini bermakna agak kita sebagai bangsa Indonesia selalu menyongsong dan menunggu tahun depan. Bener ngga yaa???

  Nah, kalau di HUT ke-66 itu mempunyai bendera sebanyak 7. Itu mempunyai makna tahun ketujuh SBY memerintah dan memimpin Indonesia. Dan di HUT ke-67, bendera itu HANYA 3 !!! Artinya apa yaa?? Mungkin 67 + 3 (bendera) = 70 yang berarti Indonesia menunggu umur ke 70. Ataupun di desainer mengganti pola tersebut supaya masyarakat "kecele"? Tapi entahlah, harusnya logo dari tahun ke tahun selalu berganti agar tidak monoton.

  Fakta Kita pun membuka pembicaraan di jejaring sosial, "Dirgahayu Indonesia ke-67, kenapa desain logo selalu sama dari tahun ke tahun?" Dan akhirnya sobat Fakta Kita pun memberikan saran, yang berisi seperti screenshot dibawah ini :


  Yap, benar sekali. Mungkin jika dibiarkan seperti ini, sampai umur ke-1000 sekalipun Indonesia takkan berganti desain logo. Seharusnya, ada upaya dari pemerintah untuk menantang kreatifitas anak muda. Mulai dari mengadakan lomba logo, sampai menerapkannya di kehidupan sehari-hari.

  Saran dari sobat kita pun juga tak kalah cemerlangnya, tiap provinsi di Indonesia seharusnya diberi tugas untuk membuat logo tiap tahun. Karena dari ajang tersebut, akan menimbulkan kompetisi setiap provinsi untuk menciptakan desain terbaik dan pastinya logo Indonesia akan lebih semarak.

  Fakta Kita juga menambahkan, apabila seperti saran itu pastinya bisa di desain dengan potensi dari tiap-tiap wilayah. Misalnya daerah Irian jaya, desain logonya ada angka HUT dengan burung cendrawasih, dari Bali ada desain tari kecak, dan sebagainya. Bagaimana? Beragam dan menarik kan? Bagaimana pendapat kalian? Komentar dong :D

Lepas dari semua itu, Redaksi Fakta Kita mengucapkan,
"Dirgahayu Republik Indonesia ke-67,
Semoga Bhinneka Tunggal Ika selalu di hati."

3 komentar: