Selasa, 09 April 2013

Katekese Liturgi : Spiritualitas Ekaristi, "Makna Komuni Kudus untuk Tinggal Dalam Kristus "


            Ekaristi merupakan bukti nyata kasih Kristus yang terbesar. Kasih Kristus ini demikian sempurna, sehingga tidak saja membawa kita mendekat kepadaNya, namun lebih dari itu, mempersatukan kita dengan Dia. Maka pertama-tama, Ekaristi adalah Sakramen Cinta Kasih Allah, yang diberikanNya agar ia dapat bersatu dengan kita dan menyertai kita, GerejaNya. Oleh karena persatuan inilah, Ekaristi juga disebut sebagai Komuni Kudus.

            Komuni Kudus adalah cara yang dipilih oleh Tuhan Yesus untuk tinggal di dalam kita dan kita di dalam Dia. Dengan menyambut Komuni Kudus, kita mengambil bagian di dalam Tubuh dan Darah Kristus dan kita disatukan dengan Kristus dan dengan semua anggotaNya [Lih. KGK, 1331]. Sesuai dengan janji Kristus sendiri, dengan menyambut Tubuh dan Darah Kristus ini, kita memperoleh hidup yang kekal (Yoh 6:54). Dengan digabungkannya dengan Kristus, kita memperoleh kekuatan baru untuk mengasihi dan mengampuni, sebagaimana Ia telah lebih dahulu mengasihi dan mengampuni kita. Oleh rahmatNya dalam Ekaristi, kita diubah untuk menjadi semakin serupa dengan Dia dalam hal mengasihi. Kesatuan antara kita dengan Kristus ini akan mencapai kesempurnaannya di surga kelak, saat Allah menjadi semua di dalam semua (1Kor 15:28).
            Menyadari makna Komuni Kudus ini, mari kita tanyakan kepada diri kita masing-masing, sudahkan kita cukup mempersiapkan diri untuk menyambutNya? Mari kita berdoa memohon rahmat Tuhan, agar mata hati kita dicelikkan dan hati kita dikobarkan dalam setiap perayaan Ekaristi, sehingga kita dapat mengatakan hal yang sama seperti yang dikatakan oleh kedua murid Yesus dalam perjalanan ke Emaus : “Mane nobiscum Domine, Tinggallah bersama dengan kami, ya Tuhan Yesus...”
(lih.Luk 24:29)

Sumber :
Katekese Liturgi Pra-Misa Minggu 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar