Rabu, 20 Juni 2012

International Program in SMA Negeri 1 Magetan 2011/2012

Hai teman, masih bersama Stanley Wijaya dalam website kesayangannya yaitu www.faktakita.com yang akan selalu menemani kalian di waktu dan kesempatan yang ada. Bagaimana sekolahnya nih? Semoga selalu mendapatkan hasil dan prestasi yang baik ya seperti SMA Negeri 1 Magetan yang selain baik di skala nasional juga baik di skala internasional. Nah, mau tau apa saja program internasional yang dilakukan SMA ini selama tahun ajaran 2011/2012? Check this out yaa..


SMA Negeri 1 Magetan adalah Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional yang pertama di Magetan. Sekolah ini terletak di Jalan Monginsidi nomor 24 Magetan dan dikepalai oleh Dra. Hj. Mahmudah, M.Pd. Program pertukaran pelajar adalah program yang rutin dilakukan oleh SMA Negeri 1 Magetan, baik dengan negara Jepang, Jerman, maupun Amerika. Di tahun 2012, sudah ada banyak program yang berhubungan dengan pertukaran pelajar. Mulai dari kedatangan Yumi sensei dari negara Jepang sampai dengan Culture Camp yang baru saja dilaksanakan di Pacet, Mojokerto.

Yumi Sensei, Jepang


                Yumi Sensei adalah native speaker yang berasal dari negara Jepang. Ia memberikan seminar bahasa Jepang kepada anak didik SMA Negeri 1 Magetan terutama kelas X dan juga guru-guru, baik dari SMA Negeri 1 Magetan maupun dari sekolah lain. Ia datang ke sekolah ini pada bulan November 2011.

     Sebastian & Robin, Jerman


                Sebastian & Robin berasal dari negara Jerman. Mereka mengikuti program AFS sehingga bisa datang ke SMA Negeri 1 Magetan. Disini mereka memberikan partisipasinya di dalam kelas dan juga memberikan presentasinya tentang negara mereka yaitu Jerman.

   Mrs. Lena Weiland, Jerman


                Beliau adalah relawan yang akan menilai wawancara untuk keperluan tes AFS. Tetapi sebelumnya beliau mengunjungi SMA Negeri 1 Magetan untuk memberikan pembelajaran bahasa Jerman kepada siswa-siswi SMA Negeri 1 Magetan terutama kelas XI.

          Dale and Lois Lourin, Amerika Serikat


Dale dan Lois Lourin adalah calon orang tua asuh dari Intan Mawaridhatul Ulla yang mengikuti dalam program AFS. Dale dan Lois Lourin datang bersamaan dengan Kanako Sugano. Mereka datang ke Indonesia menggunakan biaya pribadi karena ingin bertemu dengan calon anak asuhnya yang akan ke Amerika sekitar bulan Juli akhir atau Agustus awal. Dale dan Lous Lourin akan mengasuh Intan selama 1 tahun. Mereka disambut hangat oleh keluarga besar SMA Negeri 1 Magetan dan juga berpartisipasi dalam permainan gamelan.


     Kanako Sugano, Jepang



                Kanako Sugano adalah salah satu siswi dari negara Jepang yang mengikuti program AFS ke Indonesia. Ia memberikan partisipasi di SMA Negeri 1 Magetan dengan mengikuti kegiatan belajar-mengajar di sekolah ini. Selain mendapatkan pelajaran di kelas, ia juga memberikan pelajaran bahasa Jepang selama 2 minggu. Ia juga mempresentasikan negara Jepang dan berbagi pengalaman tentang perjalanannya selama ini. Sebagai apresiasi dari kedatangan Kanako, keluarga besar SMA Negeri 1 Magetan mengajak Kanako untuk bergabung dalam study tour ke Bali.

   Denis Mahar, Australia


                Denis Mahar adalah wakil dari Canning College yang datang ke SMA Negeri 1 Magetan pada tanggal 11 Juni 2012 lalu. Ia mengadakan kunjungan balik ke sekolah ini karena SMA Negeri 1 Magetan telah mengunjungi Canning College pada Perth Immersion lalu. Beliau disambut hangat oleh keluarga besar SMA Negeri 1 Magetan, terutama kepala sekolah, guru-guru, dan alumni Immersion Program ke Australia. Dalam pertemuan kali ini, sekolah lain juga datang ke SMA Negeri 1 Magetan untuk mendapatkan materi dari Dennis Mahar tentang pendidikan di Australia. Beliau juga memberikan apresiasi kepada anak didik SMA Negeri 1 Magetan yang berhasil memecahkan rekor di Australia dalam tes kecerdasan dan intelektual. Perlu diketahui bahwa rekor sebelumnya adalah 10 menit dan berhasil dipecahkan anak didik SMA Negeri 1 Magetan dalam waktu 5 menit saja. Sebagai ucapan terima kasih kepada Denis Mahar, keluarga besar SMA Negeri 1 Magetan mengundang beliau untuk makan siang di Ayam Bakar Kalang dan melihat pemandangan sekitar yang tidak ada di negara Australia.

            Tes Kesetaraan dengan Sisterschool Australia (Surabaya)


             SMA Negeri 1 Magetan telah mengirimkan 7 anak didiknya pada bulan Februari-Maret 2012 ke Perth, Australia Barat. Pada bulan ini, sisterchool Australia mengadakan tes kesetaraan untuk menjadi tolak ukur pendidikan di Indonesia dengan pendidikan di Australia. Tes kesetaraan ini diadakan di Surabaya dan SMA Negeri 1 Magetan mengirimkan 5 wakilnya untuk mengikuti tes tersebut. Tes ini diadakan pada tanggal 14 Juni 2012.

Culture Camp, Pacet-Mojokerto


                Culture Camp adalah acara yang diadakan PIRAX sebagai tindak lanjut Immersion Program ke Australia dan Singapore. SMA Negeri 1 Magetan memberikan partisipasinya dalam acara ini dengan mengirimkan 4 wakilnya, antara lain :

-          Stanley Wijaya (X2)
-          Melinda Priwardani (X5)
-          Argata Kharisma H (X7)
-          Shaestu Abida Bhirawasiwi (XI IA 2)

Acara ini diadakan di Pacet-Mojokerto, tepatnya di Hotel Sativa pada tanggal 15-17 Juni 2012. Dalam camp ini, seluruh peserta harus berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris. Camp ini juga mengajak peserta mengasah kemampuan leadership. Dalam berbagai sesi, SMA Negeri 1 Magetan selalu mendominasi dan menjadi yang pertama. Empat wakil dari sekolah ini sukses menjadi leader dalam kelompoknya masing-masing. Mereka juga mendapat standing applause dari seluruh peserta maupun guru yang datang dari USA, Singapore dan pastinya Indonesia saat performance mewakili SMA Negeri 1 Magetan.


Para team USA dan Singapore juga memberikan pujian kepada wakil sekolah ini karena dapat berbahasa Inggris yang baik dan benar serta dapat mendominasi pada pelajaran matematika, kimia, dan bahasa Inggris. Mereka juga berhasil memecahkan rekor kecerdasan dan intelektual yang sebelumnya sudah mereka pecahkan di Australia dalam waktu 5 menit dan dalam acara ini mereka pecahkan dalam waktu 5 detik

Nah, demikian program internasional yang SMA Negeri 1 Magetan jalani 
di tahun pelajaran 2011/2012.
Bagaimana dengan tahun pelajaran berikutnya?
Tetap lihat perkembangannya di blog ini ya teman-teman.
Jika ada kata yang kurang sopan saya minta maaf.
Bila ada lebihnya itu merupakan anugerah dari Yang Maha Kuasa.
Terima Kasih.

2 komentar:

  1. Wow..It's really amzing to know the progres of our beloved school.. Keep moving forward SMA Negeri 1 Magetan.. We are really proud of your achievemnets so far.. (Alumni)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yap, Thanks fo your motivation :D
      our beloved school always the leader not follower, so SMA Negeri 1 Magetan can moving forward easily

      Hapus