Jumat, 22 Juni 2012

Jumlah Tempat Sampah di SMASA Magetan

Hai teman, masih bersama Stanley Wijaya dalam website kesayangannya yaitu www.faktakita.com yang akan selalu menemani kalian semua di waktu dan kesempatan yang ada. Bagaimana kabarnya? Sudah libur atau masih masuk sekolah nih? Ada planning buat liburan nanti atau malah ngga ada kerjaan? Kalau kalian ngga ada kerjaan, coba deh cari kerjaan. Seperti artikel ini yang berisikan tentang “Jumlah Tempat Sampah di SMA Negeri 1 Magetan” yang terinspirasi dari motivasi kak Karel Anderson (Blogdetik). Mau tau berapa jumlah tempat sampahnya? Check this out yaa..

                Sampah adalah sesuatu barang yang mungkin sudah tidak digunakan lagi. Jika sudah tidak dipakai atau dimanfaatkan nilainya, maka seharusnya sampah itu dibuang di tempatnya. Nah, pastinya kita mengenal “Tempat Sampah” dong. Apa jadinya dunia ini tanpa tempat sampah? Pastinya akan terjadi bencana, seperti : banjir, tanah yang tidak subur, dan masih banyak yang lainnya.

                Nah, dalam edisi kali ini Fakta Kita akan share tentang banyaknya tempat sampah di SMA Negeri 1 Magetan. Ekspedisi tempat sampah ini dilakukan pada tanggal 18 Juni 2012. Setelah menimbang, menimbun, menggali, memutuskan, menghitung, melakukan, mempertimbangkan, dan melaksanakan. Saya memutuskan untuk memulainya dari kelas X3 karena letaknya paling selatan. Setelah menyusuri, saya menghitung banyak tempat sampah di sekolah ini yang menandakan bahwa sekolah ini adalah sekolah yang tanggap lingkungan, bersih, asri, dan pastinya peduli lingkungan.



                Untuk cara menghitungnya, saya mulai membuat denah dan mulai mencoret-coret. Yang paling menarik adalah tempat sampah yang bewarna kuning dan hijau. Maka saya fokuskan untuk menghitungnya.

                Di SMA Negeri 1 Magetan, selalu ada 2 tempat sampah yang diletakkan di depan kelas, kamar mandi, kantin, dan tempat umum lainnya. Dari perhitungan saya, tempat sampah yang bewarna kuning dan hijau ada 34 pasang yang berarti ada 68 tempat sampah (hijau dan kuning). Sedangkan di depan ruang guru, ada 2 tempat sampah segala bahan. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada 70 tempat sampah di SMA Negeri 1 Magetan. Sedangkan untuk pembuangan akhir dari seluruh isi tempat sampah tersebut, berada di pembuangan pusat yang terletak di luar kawasan sekolah.



                Sebenarnya apa sih maksud dari perbedaan warna dari tiap tempat sampah? Tempat sampah yang bewarna kuning menandakan bahwa ini adalah tempat sampah yang menampung sampah dari bahan industri, seperti : botol mineral, kemasan kaleng, dan sebagainya. Sedangkan yang bewarna hijau, adalah tempat sampah yang menampung bahan hayati, seperti : daun dan bahan hayati lainnya.

                Nah, dari permasalahan yang sebenarnya simpel, namun bisa jadi artikel yang bermanfaat loo. So, jangan takut untuk kekurangan bahan untuk blog kalian ya teman-teman.

Demikian artikel kali ini, jika ada kata yang kurang sopan saya minta maaf.
Bila ada lebihnya itu merupakan anugerah dari Yang Maha Kuasa.
Terima Kasih.

2 komentar:

  1. hahahaha.... beneran nulis ttg tempat sampah juga dia. hehehehehe... TOP!!

    apa yg ada disekitar kita memang bisa jadi tulisan lho... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe, kan terinspirasi kak Karel :D
      wkkw, yap. Habis ini mau cari ide lagi kak :D
      hehe

      Hapus